Serangan Jet Tempur Turki Tewaskan 3 PKK Kurdi

Pesawat F-16 Turki. (Photo: Cynthia Vernat)

Ankara – Serangan pesawat tempur Turki menyasar pemberontak Kurdi di Irak utara, Selasa, 19/9/2017, menewaskan tiga pemberontak, kata militer Turki, dirilis Reuters.

Serangan itu dilancarkan sebagai bagian dari usaha negara Turki melawan Partai Pekerja Kurdistan / Partiya Karkerên Kurdistan (PKK) yang keberadaannya terlarang.

Dalam sebuah pernyataan, militer Turki mengatakan serangan udara tersebut menyasar wilayah Zap, sebuah nama sungai di Turki yang mengalir melintasi perbatasan Turki-Irak dan dikenal sebagai Zab di Irak.

Serangan pesawat tempur itu adalah yang kedua kalinya dilancarkan pada Selasa dan yang ketiga dalam dua hari belakangan sejak tentara Turki memulai sebuah pelatihan militer di sepanjang wilayah perbatasannya dengan Irak.

Tentara melakukan pelatihan senjata tank dan peluncur roket di daerah perbatasan selatannya pada Selasa, kurang dari seminggu sebelum sebuah Referendum kemerdekaan Kurdi diselenggarakan di Irak utara.

Aksi unjuk kekuatan menjelang pemungutan suara tersebut mencerminkan keprihatinan Turki, yang memiliki jumlah masyarakat Kurdi terbesar di kawasan. Referendum Kurdi dikhawatirkan dapat memicu peningkatan kegiatan dari kelompok terlarang, PKK Kurdi, yang telah melakukan pemberontakan selama tiga dasawarsa di Turki tenggara sejak 1984.

Angkatan udara Turki sering melakukan serangan terhadap PKK di wilayah pegunungan Irak utara. Kelompok ini dianggap sebuah organisasi teroris oleh Turki, Amerika Serikat dan Uni Eropa.

Tinggalkan komentar