Qatar Borong 24 Typhoon

Kementerian Pertahanan Qatar telah menandatangani kesepakatan awal pembelian 24 unit pesawat tempur Typhoon dengan Grup BAE System Inggris. Kesepakatan tersebut ditandatangani oleh Menteri Pertahanan Khalid bin Mohammed Al Attiyah dan Michael Fallon, perwakilan dari BAE System. Kontrak awal tersebut juga mencakup semua peralatannya, termasuk persenjataan.

“Ini akan menjadi kontrak besar pertama dengan Qatar, salah satu mitra strategis Inggris,” kata Kementerian Pertahanan Inggris dalam sebuah pernyataan, dan menambahkan perundingan mengenai kesepakatan akuisisi Typhoon telah berjalan beberapa tahun.

Eurofighter Typhoon adalah Project gabungan pembangunan pesawat tempur Eropa antara BAE Inggris, Airbus Perancis dan Finmeccanica dari Italia.

Tidak diungkapkan nilai kontrak pembelian Typhoon Qatar, sebagai perbandingan Arab Saudi pernah membeli 72 Typhoon seharga US$ 6 milyar.

Selain pembelian 24 Typhoon, Qatar juga menandatangani kesepakatan pada bulan Juni untuk pembelian jet tempur F-15 dari Amerika Serikat seharga US$ 12 miliar dan kesepakatan US$ 6 miliar dengan Italia untuk pembelian tujuh kapal perang berbagai tipe.

Sharing

Tinggalkan komentar