Typhoon dengan Full Loaded Weapon

Kejutannya sangat besar, Qatar baru saja menandatangani letter of intent (LOI) untuk membeli 24 pesawat tempur Eurofighter “Typhoon II”. Sebelumnya Qatar pada 2015 telah memesan 24 pesawat tempur Rafale dengan harga hampir 6.3 miliar euro dan 36 F-15 E “Strike Eagle” yang dipesan dengan nilai sekitar US$ 4,7 miliar. ketiga tipe pesawat tempur ‘mematikan’ tersebut akan menggantikan Mirage 2000 Qatar yang sudah ketinggalan jaman.

Pesawat tempur F-15 “Strike Eagle” dan Rafale merupakan pesawat tempur terbaik, ditambah dengan Eurofighter Typhoon, maka kekuatan udara Qatar bisa dikatakan merupakan salah satu armada udara terbaik di dunia karena memiliki beragam armada pesawat tempur yang paling mutakhir.

Typhoon yang diincar Qatar adalah dari varian Tranche 3, atau versi terbaru yang menyematkan ratusan modifikasi. Selain itu Typhoon juga menambah cantelan persenjataan dibawah sayap hingga berjumlah 13.

Struktur internal baru di hidung pesawat juga dirancang ulang untuk mengakomodasi wirings, baterai, sistem pendinginan dan radar E-Scan yang baru. Typhoon juga mendapatkan tambahan Hi-speed Data Networking capabilities, Fibre optics weapons bus dan daya komputasi yang lebih banyak, yang memungkinkan Typhoon mengintegrasi berbagai macam senjata modern seperti rudal udara-ke-udara Meteor, Storm Shadow, Brimstone II dan bom presisi Paveway IV dan small diameter bomb (SDB).

Tinggalkan komentar