Kapal Selam Scorpene Dalam Negeri India, Segera Operasional

Kapal Selam INS Kalvari Scorpene class pertama India diserahkan ke AL India, bulan depan (@hernanfavier)

New Delhi – Perdana Menteri India Narendra Modi akan menyerahkan kapal selam buatan India pertama yang dibangun secara lokal – INS Kalvari – ke Angkatan Laut India, pada bulan depan. Kapal selam Scorpene class 1565 ton diesel-electric yang ditunggu-tunggu adalah yang pertama dari enam kapal selam sejenis yang dibangun di galangan kapal India dengan dukungan teknis dari perusahaan kapal Prancis Naval Group, yang sebelumnya dikenal dengan nama DCNS.

Kapal selam ini akan dikirim ke Samudera Hindia untuk segera beroperasi setelah diserahkan ke Angkatan Laut India. Namun, dibutuhan sedikit waktu untuk melengkapinya dengan torpedo, sebagai senjata utamanya.

Kapal selam Scorpene class 1565 ton ini dijadwalkan untuk melayani Angkatan Laut India dari tahun 2012; tujuh tahun setelah penandatanganan kesepakatan. Ketidakmampuan perusahaan India dalam menyerap teknologi yang ditransfer oleh Naval Group menunda proyek tersebut selama lima tahun, ujar sumber.

INS Kalvari akan menjadi kapal ke 15 untuk mengepalai armada kapal selam India di Samudera Hindia. Namun, Angkatan Laut India membutuhkan setidaknya 24 kapal selam di wilayah Samudera Hindia untuk mempertahankan keunggulannya atas Bangladesh dan Pakistan yang siap untuk segera mengerahkan kapal selam tambahan yang bersumber dari China.

Sea Trial INS Kalvari (thehindu.com)

Dari 14 kapal selam India yang sudah ada di Samudra Hindia, 13 adalah kapal konvensional yang berusia 17-31 tahun dan perlu segera diupgrade. Apalagi, tidak seluruh armada siap perang sehingga mengerahkan semua kapal untuk perang tidak akan mungkin bagi India.

Kapal selam Scorpene class buatan lokal yang kedua bernama INS Khanderi sedang menjalani uji coba laut dan baru bergabung dengan Angkatan Laut India tahun depan.

Untuk sementara, kapal selam INS Kalvari akan berlayar tanpa torpedo sebagai senjata utamanya, karena India mengevaluasi kembali tender $ 200 juta untuk pengadaan 98 torpedo kelas berat.

Pada tahun 2012, kementerian pertahanan India telah menyetujui pengadaan 198 kapal dan kapal selam hingga tahun 2027, di mana 40 kapal dan kapal selam sedang dibangun di berbagai galangan kapal India. Armada sekarang yang tersedia di Angkatan Laut mencakup 121 kapal, 14 kapal selam, dan 232 pesawat. (sputniknews.com).

Tinggalkan komentar