Jet Tempur F16 Nyaris Menembak 3 Kru Darat

F-16 Norwegian Air Force (Aldo Bidini / wikipedia.org)

Sebuah laporan telah dirilis menyusul penyelidikan atas sebuah insiden selama latihan Angkatan Udara Norwegia di mana tiga orang hampir terkena tembakan dari pesawat tempur F16, ujar thelocal.no, 20/9/2017.

Tiga orang nyaris saja terkena tembakan dari jet F16 saat latihan penembakan Angkatan Udara Norwegia di kepulauan Tarva.

Insiden tersebut, yang terjadi pada bulan April 2016, dirinci dalam sebuah laporan yang dirilis oleh The Royal Norwegian Air Force, ujar media lokal Fosna-Folket dan kantor berita NTB.

Pada dini hari tanggal 13 April tahun lalu, 40 amunisi ditembakkan dari pesawat tempur F16 Angkatan Udara Norwegia ke arah yang dipikirkan oleh pilot sebagai target, menurut laporan tersebut.

Tapi lima dari proyektil 20mm menerjang sebuah tower observasi, jauh ke arah barat dari sasaran.

Tiga orang yang bekerja di menara tersebut untuk membantu navigasi pesawat, hanya berjarak sentimeter dari tembakan peluru hidup, ditulis oleh Fosna-Folket.

Penyelidikan atas kejadian tersebut kini menunjuk pada empat alasan utama penyebab melesetnya tembakan dalam latihan tersebut. Lampu yang menyala di tower selama latihan menyebabkan pilot menara tersebut adalah target; selain itu ada juga persoalan yang berkaitan dengan kompleksitas tugas, pengalaman pilot dan persiapan untuk latihan, ujar laporan tersebut.

Prosedur penembakan yang benar selama latihan malam juga tidak diikuti.

“Berdasarkan kesimpulan dan rekomendasi keselamatan yang diberikan dalam laporan tersebut, jelas bahwa kejadian serius ini tidak terkait langsung dengan satu individu, dan karena hal itu dapat terjadi dengan personil yang berbeda di kokpit. Angkatan Udara Kerajaan Norwegia akan memperhatikan dengan serius pelajaran yang diberikan oleh hasil penyelidikan, “ujar kepala komunikasi Mayor Stian Roen menurut laporan tersebut.

Tinggalkan komentar