Kodam Pattimura Nonton Bareng Film Penghianatan G-30 S/PKI

Kodam XVI/ Pattimura nonton Film G 30 S/PKI yang diikuti oleh 1.335 orang personel Kodam XVI/Pattimura Militer dan PNS beserta keluarga pada Rabu 20-9-2017 di Lapangan Indoor Tapal Kuda, Air Salobar, Kec. Nusaniwe, Kota Ambon.

Ambon – Kodam 16 Pattimura menggelar nonton bareng Film Penghianatan G-30 S/PKI yang diikuti 1.335 personel Kodam16 Pattimura, Militer dan  PNS beserta keluarga, pada Rabu 20-9-2017, di Lapangan Indoor Tapal Kuda, Air Salobar, Kec. Nusaniwe, Kota Ambon.

Dalam amanatnya, Pangdam Pattimura Mayjen TNI Doni Monardo menjelaskan, Partai Komunis Indonesia atau disingkat PKI adalah suatu organisasi yang ingin mengubah ideologi Pancasila menjadi ideologi Komunis. PKI itu sendiri telah 2  kali melakukan penghianatan terhadap bangsa Ini yaitu :

  1.  Pada tahun 1948 yang terjadi di Madiun dengan melakukan pembunuhan terhadap para Santri dan Kiai.
  2.  Pada tanggal 30 September 1965 yang membunuh 7 Jenderal Angkatan Darat, antara lain Jenderal Ahmad Yani, Letjen Suprapto, Letjen Haryono, Letjen S. Parman, Mayjen D.I. Panjaitan, Mayjen Sutoyo Siswomiharjo dan Brigjen Katamso Darmokusumo yang ditetapakan sebagai Pahlawan Revolusi.
Kodam XVI/ Pattimura nonton Film G 30 S/PKI yang diikuti oleh 1.335 orang personel Kodam XVI/Pattimura Militer dan PNS beserta keluarga pada Rabu 20-9-2017 di Lapangan Indoor Tapal Kuda, Air Salobar, Kec. Nusaniwe, Kota Ambon.

“Tentara yang menjunjung tinggi Sapta Marga dan Sumpah Prajurit tidak akan membiarkan siapapun yang ingin mengubah ideologi Pancasila, sehingga jika ada yang ingin mengubah ideologi Pancasila, maka tentara adalah organisasi terdepan yang akan melindungi negara ini.

Jangan sampai kita terpengaruh pada isu – isu yang ingin memecah belah Pancasila, tetapi kita harus bangga dengan Pancasila”, ujar Pangdam Mayjen TNI Doni Monardo .

Kegiatan menonton barsama ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan mengingatkan kembali kepada seluruh komponen masyarakat khususnya generasi muda akan adanya peristiwa penghianatan G-30 S/PKI, sehingga generasi muda benar – benar memahami sejarah bangsa ini serta berusaha mengantisipasi dan mewaspadai bahaya laten Komunis, sebab paham komunis sangat bertentangan dengan nilai – nilai Pancasila, yang dapat membahayakan kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Kita harus terus menjaga ideologi Pancasila yang merupakan pandangan hidup bangsa Indonesia serta terus menghayati dan mengamalkan nilai – nilai yang terkandung di dalamnya”, ujar Pangdam Pattimura.

Kegiatan menonton barsama Film Penghianatan G 30 S/PKI ini merupakan yang pertama dilaksanakan di Kodam XVI/Pattimura yang dimulai untuk anggota dan keluarga, selanjutnya akan dibuka untuk masyarakat umum secara gratis sampai tanggal 30 September 2017 mendatang yang akan dikoordinir oleh para Dansat dan Kabalak Kodam XVI/ Pattimura di wilayah masing- masing.  (Pendam Pattimura).

Sharing

Tinggalkan komentar