Pasukan Irak Bebaskan Wilayah Anbar dari Kendali ISIS

Pasukan Irak yang sedang bergerak

Baghdad – Pasukan keamanan Irak, pada Kamis 21-9-2017 membebaskan kota Aana dan wilayah-wilayah di dekat Provinsi Barat, Anbar, dari pendudukan kelompok militan ISIS, ujar militer Irak.

Pasukan angkatan darat Irak dan sejumlah kendaraan lapis baja, dengan sokongan pasukan suku paramiliter, sudah secara penuh membebaskan kota Aana itu, yang terletak pada sekitar 280 Km di Barat Laut ibu kota negara Irak, Baghdad.

Pasukan sudah mengibarkan bendera Irak di sejumlah bangunan di kota itu, ujar Letnan Jenderal Abdul Amir Yarallah dari Komando Operasi Bersama Irak (JOC) dalam pernyataan singkat.

Pengumuman itu muncul 2 hari sesudah pasukan keamanan dan brigade sekutunya, Hashd Shaabi, melaksanakan serangan untuk mendesak keluar para milisi ISIS dari Aana dan wilayah-wilayah di dekatnya, termasuk kota kecil Rayhana.

Pasukan pemerintah juga merebut kembali kendali wilayah Akashat ke tangan mereka serta membuka kembali sebuah jalan strategis pada Sabtu 16-9-2017 di dekat perbatasan Irak-Suriah dalam operasi terpisah.

Pasukan keamanan Irak sudah menghalau milisi ISIS dari kota-kota penting di Provinsi Anbar, termasuk Ramadi dan di dekat Fallujah.

Tetapi, daerah di dekat perbatasan dengan Suriah, termasuk Rawa dan al-Qaim serta wilayah pedesaan luas di Provinsi tersebut, masih berada di bawah kendali kelompok garis keras ISIS.

Sebelumnya pasukan Irak telah menyerang pasukan tempurĀ  ISIS pada Kamis 21-9-2017 di berbagai lokasi lainnya. Dalam operasi itu, pasukan Irak sudah menguasai kembali sekitar 21 desa sewaktu mereka melaksanakan serangan untuk membebaskan kota Hawijah di Provinsi Kirkuk, yang kaya akan minyak. (Antara/Xinhua-OANA).

Sharing

Tinggalkan komentar