Presiden Korsel : Kami Tidak Menginginkan Keambrukan Korea Utara

Presiden Korea Selatan Moon Jae-in (Korea.net)

PBB, New York – Presiden Korea Selatan Moon Jae-in menyarankan pada Kamis 21-9-2017, semua pihak agar berhati-hati dalam penanganan masalah nuklir di Semenanjung Korea, dan mengatakan semua usaha bertujuan mencegah perang.

“Semua usaha kita ialah untuk mencegah perang dan memelihara perdamaian. Sehubungan dengan itu, situasi seputar masalah nuklir Korea Utara perlu ditangani secara stabil sehingga ketegangan takkan meningkat tajam atau perang yang tidak sengaja takkan merusak perdamaian,” ujar Moon Jae-in kepada Sidang Majelis Umum PBB.

“Kita semua mesti mengingatkan diri kita mengenai apa yang dikatakan mantan presiden AS Ronald Reagan, ‘Perdamaian bukan tidak ada dalam konflik. Itu adalah kemampuan menangani konflik dengan cara damai’.” Moon Jae-in mengeluarkan beberapa janji sehubungan dengan itu, kata Xinhua, pada Jumat 22-9-2017 pagi yang dipantau Antara di Jakarta.

“Kami tidak menginginkan keambrukan Korea Utara. Kami tidak akan mencari penyatuan melalui penyerapan dan cara palsu. Jika Korea Utara membuat keputusan, sekalipun sekarang, kami siap membantu Korea Utara bersama dengan masyarakat internasional.” Semangat PBB ialah untuk mewujudkan perdamaian global melalui dialog banyak pihak, dan Semenanjung Korea adalah tempat semangat itu paling dibutuhkan, ujar Moon Jae-in .

“Kami membutuhkan PBB memainkan peran yang lebih aktif di Semenanjung Korea. Peran paling penting yang kami minta dimainkan oleh PBB hari ini ialah tampil dengan masalah langkah mendasar untuk menghentikan lingkaran kejam peningkatan provokasi dan peningkatan ketegangan.” Ia mendesak Republik Rakyat Demokratik Korea (DPRK) agar “segera berhenti membuat pilihan yang sembrono yang bisa membuat negeri itu dikucilkan dan jatuh dan memilih jalur dialog”.

“Saya mendesak Korea Utara (DPRK) agar meninggalkan kebijakan bermusuhannya terhadap negara lain dan menghentikan program senjata nuklirnya dengan cara yang dapat diabsahkan dan tidak berubah,” ujar Moon Jae-in .

Usaha masyarakat internasional mesti lebih diperkuat, kata Moon Jae-in. “Negara itu juga harus dengan kuat dan tegas menanggapi sampai Korea Utara menghentikan program nuklirnya. Semua negara harus sepenuhnya melaksanakan resolusi sanksi Dewan Keamanan PBB dan mencari cara baru dalam kasus ada provokasi lain oleh Korea Utara.” (Antara/Xinhua-OANA).

Sharing

Tinggalkan komentar