Singapura Luncurkan Kapal Perang Independence Class ke-5

Littoral Mission Vessels, Independence class, Singapura (mindef.gov.sg)

Singapura – Ketua Parlemen Singapura Tan Chuan-Jin meresmikan peluncuran kapal perang patroli pesisir ke-5, Littoral Mission Vessel (LMV) Indomitable, untuk Angkatan Laut Singapura / Republic of Singapore Navy (RSN), di galangan kapal Singapore Technologies Marine (ST Marine), Sabtu, 23/9/2017.

Berbicara pada upacara tersebut, Tan Chuan-Jin menyoroti bagaimana RSN telah berkembang selama 50 tahun terakhir. Dia mengatakan, “LMV menunjukkan bagaimana RSN terus memperkuat kapabilitasnya untuk masa depan dan terus menjaga jalur komunikasi laut kita. Pada 50 tahun ini, RSN telah berjalan jauh sejak awal yang sederhana, hanya dengan dua perahu kayu, hingga kini menjadi kekuatan maritim profesional dan dihormati”.

Dia memuji pencapaian RSN terhadap spirit Indomitable dan percaya terhadap Komandan dan krunya, untuk menjalankan tugas terhormat untuk memenuhi nama kapal tersebut. “Perjalanan untuk membangun Angkatan Laut yang mumpuni tidak mudah. Kita berdiri di pundak generasi pelaut yang telah membantu membangun Angkatan Laut kita dan menjaga perairan kita tetap aman.”

Peluncuran Littoral Mission Vessel (LMV) ke-5 Indomitable, Singapura (mindef.gov.sg)

Peluncuran LMVs merupakan tonggak penting dalam transformasi lanjutan RSN untuk menjaga agar lautan di Singapura aman. LMVs lebih cepat, lebih serbaguna, dan dilengkapi dengan kemampuan yang lebih tajam untuk lebih memperkuat keefektifan RSN dalam pertahanan laut. LMV dapat dikonfigurasi dengan cepat dengan modul misi untuk mengambil spektrum operasi yang luas, yang memungkinkan awak kapal memberikan tanggapan yang terkalibrasi dengan menggunakan opsi mematikan dan non-mematikan untuk menghadapi berbagai ancaman maritim.

dok. RSS Independence, Singapura. (mindef.gov.sg).

Program LMV berjalan dengan baik. LMV pertama, RSS Independence, ditugaskan saat perayaan lima puluh tahun RSN pada tanggal 5 Mei 2017 oleh Perdana Menteri Lee Hsien Loong. RSS Independence baru-baru ini terlibat dalam usaha pencarian dan penyelamatan untuk awak kapal keruk berbendera Dominika, JBB De Rong 19, yang bertabrakan dengan kapal tanker Kartika Segara, berbendera Indonesia. Tiga LMV yang terdahulu, yakni Sovereignty, Unity dan Justice, saat ini sedang menjalani uji coba laut.

Hadir dalam acara ini Chief of Navy Rear-Admiral Lew Chuen Hong, dan perwira senior dari RSN dan Defence Science and Technology Agency. (Mindef.gov.sg).

Sharing

Tinggalkan komentar