Menko Luhut Apresiasi Penanganan Pengungsi Gunung Agung

Menko Kemaritiman Luhut Pandjaitan meninjau pengungsi erupsi Gunung Agung di Klungkung, Bali, 24/9/2017.(Kemenko Kemaritiman).

Klungkung – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mengapresiasi kesigapan Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta dan Bupati Karangasem Ayu Mas Sumantri dalam menangani pengungsi Gunung Agung yang sudah berada di zona aman.

“Kesiapan Bupati Klungkung dan Karangasem sudah sangat bagus dan sudah tertata dengan rapi. Tetapi, sekarang ini tinggal menunggu laporan terbaru dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi, Kementerian ESDM terkait aktivitas vulkanik Gunung Agung ini,” ujar Menteri Luhut Pandjaitan sewaktu mengunjungi Posko Pengungsi pada Minggu 24-9-2017 di GOR Sweca Pura, Klungkung, Bali.

Menteri Luhut Pandjaitan mengatakan, PVMBG Badan Geologi telah memberikan gambaran jelas bahwa gunung tertinggi 3.142 meter di atas permukaan laut ini telah mempunyai status level IV atau awas sejak Jumat 23-9-2017 malam.

Menko Luhut Pandjaitan yang juga Ketua Panitia Nasional Pertemuan IMF-Bank Dunia 2018 juga mengatakan telah melaksanakan langkah-langkah untuk ke depannya dan berkoordinasi dengan pimpinan untuk penanganan bencananya.

Pihaknya menegaskan, bantuan yang dikerahkan Pemkab Klungkung dan Pemkab Karangasem yang dibantu masyarakat Bali, sangat memadai untuk kebutuhan pengungsi ke depannya.

Sementara itu, Bupati Karangasem Ayu Mas Sumantri mengatakan sudah melakukan usaha pemberian bantuan kepada pengungsi sebaik-baiknya, baik itu kebutuhan makanan, minuman, MCK dan perlengkapan untuk bayi, Balita dan Lansia.

“Saya mengucapkan terima kasih atas kerja sama dengan Bupati yang ada di seluruh Bali, sehingga sampai sekarang ini masyarakat kami yang terkena dampak telah dilakukan evakuasi,” ujarLuhut Pandjaitan .

Tepi, ke depan akan ada usaha melakukan evakuasi kepada masyarakat yang belum mengungsi untuk meminimalisir segala permasalahan yang terjadi. “Saya tidak ingin ada korban dari musibah ini,” katanya.

“Kami juga sedang mengusahakan menghilangkan trauma masyarakat Karangasem terkait usaha pengungsian ini dengan cara melakukan doa bersama memohon keselamatan,” ujar Menko.

Sementara itu, Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta mengatakan kesiapan pemerintah daerah setempat telah siaga untuk membantu para pengungsi yang mengungsi di daerahnya.

“Kami dibantu TNI/Polri, BPBD kabupaten/kota untuk menyiapkan segala kebutuhann pengungsi yang ada di Klungkung, baik itu makanan, minuman, susu, perlengkapan bayi dan makanan untuk bayi dan lansia,” kata Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta. (Antara).

Sharing

Tinggalkan komentar