Pilot Australia Memulai Pelatihan F-35A

F-35A – gambar: australianaviation

Australia telah berkomitmen dalam pengadaan 14 unit pesawat F-35A, direncanakan untuk ditempatkan pangkalan RAAF Williamtown. Hingga lebih dari 58 unit F-35A (dari total 72 unit) adalah bagian dari Tahap 2A/2B untuk mengisi total tiga skuadron operasional, dua di Lanud Williamtown, satu di Tindal dan satu skuadron pelatihan Williamtown. Tahap 2C akan mempertimbangkan tambahan skuadron operasional keempat untuk Lanud RAAF di Amberley, hingga total akan berjumlah sekitar 100 unit F-35A.

Nama dua pilot Australia pertama yang dipilih untuk menjalani pelatihan F-35A Lightning II di Amerika Serikat diumumkan oleh Wakil Kepala Angkatan Udara Australia, Marsda Gavin Davies.

AVM (Air Vice Marshal) Davies mengatakan bahwa pelatihan ini mewakili tonggak penting menuju pengoperasian F-35A dalam RAAF.

“Sejarah kita itu penting, dan dua orang pilot kita akan mencatat sejarah sebagai pilot pertama Australia yang terbang dengan pesawat tempur generasi kelima. Mereka tidak hanya wakil bagi masa depan RAAF, mereka juga akan mengisi peran kepemimpinan  dan pelatihan sebagai calon instruktur untuk F-35A,” kata AVM Davies.

Pemimpin Skuadron Andrew Jackson dan David Bell, saat ini berbasis di Pangkalan RAAF Williamtown, NSW, dipilih karena keterampilan kemampuan terbang mereka, pengalaman yang luas dan kepemimpinan. Mereka adalah di antara yang terbaik dalam bidang mereka. Mereka akan segera melakukan perjalanan ke Amerika Serikat untuk memulai pelatihan. Dua unit pertama F-35A bagi RAAF dijadwalkan selesai pada pertengahan tahun 2014 ini.

PROFIL

Pemimpin Skuadron Andrew JacksonPemimpin Skuadron Jackson saat ini merupakan Executive Officer No 2 Satuan Konversi Operasional (Operational Conversion Unit/OCU) di pangkalan RAAF Williamtown, NSW.  Merupakan lulusan Australian Defence Force Academy pada tahun 1997 dengan gelar Bachelor of Technology (Aero). Dia mulai menerbangkan FA-18 Hornet pada bulan Desember 2000 dan mempunyai kualifikasi sebagai Instruktur pesawat tempur. Dia akan berangkat ke AS untuk memulai pelatihan F-35A pada awal 2015 di Elgin Air Force Base (AFB). Setelah itu dia akan pindah ke pangkalan udara Luke untuk terbang dalam pelatihan skuadron USAF yang akan mencakup F-35A Australia.

Pemimpin Skuadron David Bell. Pemimpin Skuadron Bell saat ini adalah Staf Perwira Perencanaan di Markas Air Combat Group, di RAAF Williamtown, NSW. Ia menyelesaikan gelar Bachelor of Aviation di University of New South Wales pada tahun 2000 dan kemudian bekerja sebagai instruktur terbang dan jasa pilot penerbangan komersial sebelum bergabung dengan RAAF pada tahun 2002. Dia mempunyai kualifikasi sebagai Test Pilot dan bertugas di Satuan Penelitian dan Pengembangan Pesawat RAAF. Saat ini dia ditugaskan sebagai Test Pilot F-35A Persemakmuran dan dalam perencanaan masa depan Air Combat Group. Dia akan berangkat ke AS untuk memulai pelatihan F-35 pada pertengahan 2015. (defence.gov.au, airforce.gov.au)

Sharing

Tinggalkan komentar