Satgas Yonif 141/Ayjp Jaga Perbatasan Indonesia-Malaysia

Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI AM. Putranto, melepas keberangkatan Yonif 141/AYJP, Satgas Ops Pengamanan Perbatasan Indonesia dengan Malaysia, 27-9-2017 di Dermaga Pelabuhan, Sumsel. (tniad.mil.id)

Palembang – Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI AM. Putranto, S. Sos., mempimpin upacara pemberangkatan 350 prajurit Yonif 141/AYJP yang tergabung dalam Satuan Tugas Operasi Pengamanan Perbatasan (Satgas Ops Pamtas) , untuk bertugas selama 9 bulan dalam menjaga pertahanan di wilayah perbatasan Indonesia dengan Malaysia, pada Rabu 27-9-2017 di Dermaga Pelabuhan Boom Baru, Sumatera Selatan.

Pangdam II/Swj Mayjen TNI AM.Putranto mengatakan, wilayah perbatasan adalah beranda depan NKRI yang bernilai strategis bagi kedaulatan negara.

“Tugas pengamanan perbatasan darat negara yang akan dilaksanakan di Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) merupakan salah satu tugas pokok TNI AD dalam Operasi Militer Selain Perang (OMSP) sebagaimana tertuang dalam Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI,” jelas Mayjen TNI AM. Putranto, S. Sos.

angdam II/Sriwijaya Mayjen TNI AM. Putranto, melepas keberangkatan Yonif 141/AYJP, Satgas Ops Pengamanan Perbatasan Indonesia dengan Malaysia, 27-9-2017 di Dermaga Pelabuhan, Sumsel. ( (tniad.mil.id)

Pangdam juga menyampaikan, Provinsi Kalimantan Utara termasuk Kalimantan Timur mempunyai potensi kerawanan seperti kegiatan illegal logging, illegal mining, human trafficking, lintas batas, pergeseran patok-patok batas negara dan kriminalitas.

Dia berpesan kepada seluruh prajurit agar diwaspadai selain kriminalitas, peredaran Narkoba dan Miras juga menjadi perhatian khusus bagi tugas Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif 141/AYJP, sehingga dapat membantu mengembangkan wilayah perbatasan dan sekaligus mampu membantu mengatasi permasalahan-permasalahan yang ada.

“Oleh sebab itu, laksanakan tugas ini dengan penuh totalitas, semangat pengabdian, proposionalitas, dedikasi, disiplin dan rasa tanggung jawab yang tinggi,” ungkap Mayjen TNI AM. Putranto, S. Sos .

Personel Satgas Pamtas diberangkatkan ke wilayah perbatasan dengan menggunakan kapal TNI AL, KRI Teluk Manado, dipimpin Danyon 141/AYJP Letkol Inf M. Aan.

Upacara pemberangkatan Satgas Ops Pamtas Yonif 141/AYJP ini turut dihadiri, Danrem 044/Gapo Kolonel Inf Kunto Arief Wibowo, Wakapolda Sumsel, Para Asisten Kasdam II/Swj, Para Dan/Kabalak jajaran Kodam II/Swj, Pewira LO AL dan Perwira LO AU, Danlanal Palembang dan Unsur FKPD Provinsi Sumsel. (tniad.mil.id).

Sharing

Tinggalkan komentar