Hubungan Pertahanan Indonesia-Fiji ke Tingkat Lebih Strategis

Menteri Pertahanan Indonesia Ryamizard Ryacudu bersama Menteri Pertahanan dan Keamanan Fiji, Ratu Inoke Kubuabola tandatangani kerja sama pertahanan, Jakarta, 29/9/2017. (Kemhan RI)

Jakarta – Indonesia dengan Fiji menandatangani perjanjian kerja sama pertahanan untuk memperkuat hubungan bilateral dan memperluas kerja sama pertahanan kedua negara.

Penandatanganan perjanjian kerja sama ini diwakili oleh Menteri Pertahanan Republik Indonesia Ryamizard Ryacudu dengan Menteri Pertahanan Fiji Ratu Inoke Kubuabola.

“Penandatanganan ini menandai kelanjutan hubungan pertahanan kedua negara ke tingkat yang lebih strategis,” ujar Menteri Pertahanan RI Ryamizard Ryacudu dalam acara penandatanganan Perjanjian Kerja Sama di Kantor Kementerian Pertahanan, Jakarta, Jumat, 29/9/2017.

Ryamizard mengatakan lingkup kerja sama yang tertuang mencakup pertukaran kunjungan antar-badan pertahanan, dialog dan konsultasi bilateral secara berkala mengenai isu-isu pertahanan dan militer strategis yang menjadi perhatian bersama.

Kerja sama juga mencakup peningkatan kapasitas dalam bidang pertahanan dan militer, antara lain melalui seminar lokakarya, program pelatihan dan pendidikan, pertukaran intelijen militer, peningkatan kerja sama dalam bidang industri pertahanan, alih tekonologi, penelitian hingga produksi dan menjamin mutu di bidang pertahanan bersama.

Ryamizard menekankan Indonesia memandang Fiji sebagai negara yang berperan penting di kawasan. Selama ini Fiji selalu mendukung kesatuan wilayah NKRI dengan tidak mendukung hal-hal yang mengarah kepada kemerdekaan Papua.

“Hal ini menjadikan Fiji sebagai mitra baik Indonesia di kawasan pasifik,” jelasnya.

Ryamizard berharap apa yang telah dicapai kedua kementerian akan membawa dampak lebih positif bagi bidang pertahanan kedua negara. Dia juga berharap implementasi penandatanganan ini turut meningkatkan pertahanan kedua negara.

“Pemerintah Indoensia selalu memberikan perhatian besar terhadap kerja sama dengan Fiji,” kata Ryamizard.

Sementara itu Menteri Pertahanan dan Keamanan Fiji Ratu Inoke Kubuabola mengatakan kerja sama ini merupakan hal bersejarah bagi Fiji.

Menurutnya, Fiji memandang Indonesia sebagai negara sahabat khususnya dalam bidang keamanan di wilayah Pasifik.

“Kami mengundang Menteri Pertahanan Republik Indonesia untuk bisa berkunjung ke Fiji melakukan dialog bilateral dalam bidang kerja sama pertahanan yang pertama antara kedua negara, pada waktu yang ditentukan bersama kemudian hari,” kata Ratu Inoke Kubuabola. (Antara).

Sharing

Tinggalkan komentar