Rumania Dalam Pembicaraan Beli 36 F-16 Amerika Serikat

Pesawat F-16 Rumania (VictorCozmei / commons.wikipedia)

Angkatan Darat Rumania pada akhir tahun ini akan mendapatkan sistem rudal Patriot yang pertama, negara kami meminta agar pembayaran dilakukan dengan cara mencicil dan perawatan dilakukan di Romania, ujar Menteri Pertahanan Nasional Mihai Fifor pada hari Rabu, 27/9/2017.

“Apa yang dapat saya katakan kepada Anda dan meyakinkan Anda bahwa pada akhir tahun, Angkatan Darat Rumania akan mendapatkan sistem Patriot yang pertama. Kami menunggu surat persetujuan Amerika Serikat sehingga kami dapat melanjutkan kontrak dan kami dapat membeli program pertama, “menteri tersebut menegaskan pada” Global SOF Symposium Europe “yang berlangsung di Bucharest.

Menurut dia, pengadaan sistem Patriot adalah pembelian “pemerintah ke pemerintah” dan “pemeliharaan akan dilakukan di Rumania oleh salah satu perusahaan Rumania.”

Fifor menggambarkan kunjungannya ke Amerika Serikat sebagai sesuatu yang “sukses”. “Pertemuan dengan Menteri Pertahanan, Mattis sempurna mungkin dalam hal ini. Amerika sekali lagi menyoroti peran yang dilakukan oleh Rumania dalam Kemitraan Strategis dengan Amerika Serikat,” menteri Rumania menambahkan.

Dia mengungkapkan bahwa selama pembicaraan itu, James Mattis ingin mengetahui bagaimana Angkatan Darat Rumania melihat apa yang saat ini terjadi di wilayah sayap timur NATO.

Rumania berada di bawah “diskusi lanjutan untuk pembelian 36 pesawat tempur F16 lainnya,” kata Menteri Pertahanan Mihai Fifor pada hari Rabu.

“Minggu depan kita akan melanjukan pembahasan progran ini. Kami diskusi lanjutan untuk membeli 36 pesawat terbang lainnya, dari Amerika Serikat, bukan dari Portugal. Kami telah mengirimkan dokumen yang diperlukan untuk melihat harga pembelian. Kami berada di awal negosiasi ini dan kami berharap bisa membeli 36 pesawat tempur lainnya, “kata menteri pertahanan tersebut.

Dia mengatakan bahwa dia ingin pilot terbang dengan jet tempur ini untuk dilatih di negara ini.

Tiga pesawat F-16 terakhir diterima pada hari Rabu di Portugal, dalam sebuah acara yang diselenggarakan di Pangkalan Udara di Monte Real, yang dihadiri oleh delegasi yang dipimpin oleh Sekretaris Negara Mircea Dusa, ujar sebuah siaran pers dari Kementerian Pertahanan.

Menurut pejabat Rumania, kontrak antar pemerintah Rumania-Portugal untuk akuisisi pesawat F-16 telah berada di tingkat bilateral, “sebuah model kerjasama yang efisien, profesional, transparan, dan manfaat penting” bagi kedua negara.

Pembesar Rumania menggarisbawahi bahwa hubungan kontraktual dan kerja sama yang baik antara kedua angkatan udara akan berlanjut bahkan setelah pengiriman ketiga pesawat tersebut.

Sekretaris Negara Dusa menghargai dukungan Amerika dalam keseluruhan kemajuan program, pengalihan pesawat, pelatihan awak dan staf teknis.

Menurut Dusa, akusisi ini merupakan tahap transisi menuju penggunaan pesawat generasi ke-5 oleh Angkatan Udara Rumania. Pejabat tinggi tersebut menilai program pengadaan pesawat F-16 sebagai kepentingan strategis yang tidak hanya di tingkat nasional tetapi juga pada tingkat regional, sehingga memperkuat kemampuan Rumania untuk menanggapi kebutuhan dan pertahanan yang spesifik di wilayah Laut Hitam. (actmedia.eu).

0 Shares

Tinggalkan komentar