Ribuan Warga Padati Dermaga Indah Kiat Cilegon - JakartaGreater

Ribuan Warga Padati Dermaga Indah Kiat Cilegon

https://youtu.be/c8qnl0Y-X58

Cilegon – Jakartagreater.com – Ribuan warga Cilegon dan sekitarnya  pada Kamis 5-10-2017 pagi memadati Dermaga Indah Kiat Cilegon, Banten, untuk menyaksikan Upacara Peringatan HUT Ke-72 TNI yang menghadirkan ratusan alat utama sistem senjata (Alutsista) yang dimiliki TNI.

Alutsista tersebut berasal dari tiga matra TNI yaitu TNI Angkatan Darat, TNI Angkatan Laut dan TNI Angkatan Udara. Rencananya, pelaksanaan Upacara Peringatan HUT TNI itu akan dimulai pukul 08.00 WIB, yang akan dihadiri oleh Presiden Joko Widodo selaku Inspektur Upacara.

Tak hanya itu, para pejabat negara, anggota DPR dan beberapa lembaga negara serta perwakilan negara sahabat akan menghadiri acara itu. Ribuan warga mulai memadati lokasi sejak Kamis 5-10-2-17  dinihari sehab sekitar pukul 06.00 WIB, wilayah Dermaga Indah Kiat akan disterilkan oleh Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres). Arus lalu lintas pun di sekitar dermaga tersendat.

Meski diguyur hujan cukup deras, masyarakat masih terlihat antusias untuk menyaksikan parade, defile pasukan dan demo Alutsista yang dilakukan 3 matra. Mereka pun menggunakan payung dan membeli jas hujan agar tubuhnya tidak kedinginan karena basah kuyup diguyur hujan.

Pesawat Tempur TNI AU siap meriahkan HUT ke-72 TNI di Cilegon, Banten, 5/10/2017 (photo : Puspen TNI / Rachman R)

Rencananya, sejumlah alutsista milik TNI terbaru dan modern juga ditampilkan dalam upacara HUT TNI tersebut. Seperti Helikopter Apache, kendaraan pendarat amfibi ringan APV Arisgator buatan Italia, Kapal Selam buatan Korsel, KRI Nagapasa-403, KRI RE Martadinata dan Helly Antikapal selam, Helly Phanter.

Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo sebelumnya mengatakan HUT TNI yang dilakukan setiap dua tahun sekali itu untuk melaporkan kepada Presiden Joko Widodo dan seluruh rakyat Indonesia yang telah membiayai dan mempercayakan TNI tentang Alutsista yang dimiliki TNI.

“Jadi bukan besar-besaran. Tapi pertanggungjawaban TNI dengan memperlihatkan alutsista yang dimiliki. Bagaimana perkembangan Alutsistanya, pasukannya, agar benar-benar mengetahui dan mencintai TNI,” kata Panglima TNI. Jenderal bintang empat ini mengatakan akan ada demonstrasi dari Alutsista yang dimiliki TNI. Termasuk Alutsista modern terbaru.

Tinggalkan komentar