Jul 282017
 

15 tahun lalu sebuah pesawat tempur Flanker Ukraina jatuh saat melakukan pertunjukan udara di lapangan terbang Sknyliv, di Ukraina.

Kecelakaan pertunjukan udara tersebut tercatat sebagai yang paling mematikan dalam sejarah, yang mengakibatkan tewasnya 77 orang dan melukai 543 orang lainnya.

Dua pilot, Volodymyr Toponar dan Yuriy Yegorov berhasil keluar dengan selamat.

Sebelum jatuh, Flanker terlihat melakukan semacam manuver split-S di ketinggian rendah, turun dengan cepat (terlihat meski menukik, pilot malah menambah kecepatan pesawat dengan ufterburner). Akibatnya sayap kiri Su-27 menebas pohon dan menabrak kerumunan penonton, selain itu Su-27 juga menabrak beberapa pesawat yang parkir didarat, termasuk sebuah pesawat transport Il-76MD sebelum kemudian meledak dan terbakar.

Setelah kecelakaan, pilot berdalih peta pangkalan udara yang mereka terima berbeda dengan tata letak lapangan terbang Sknyliv, meski mengakui kedua pilot tidak melakukan latihan awal sebelum pertunjukan.

Hasil penyelidikan mengungkapkan ada beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya tragedi tersebut, salah satunya pilot yang melanggar rencana penerbangan dan melakukan “manuver sulit yang belum pernah dilakukan sebelumnya”, faktor lain, termasuk zona lapangan terbang yang kecil dan penempatan penonton yang terlalu dekat dengan jalur penerbangan disalahkan atas tragedi tersebut.

Akhirnya pada 24 juni 2005, pengadilan militer memvonis pilot Volodymyr Toponar (yang selalu mengklaim bahwa kecelakaan tersebut disebabkan oleh masalah teknis dan rencana penerbangan yang salah) dan co-pilot Yuriy Yegorov masing-masing dihukum 14 dan 8 tahun penjara. Co-pilot Yegorov sendiri sudah bebas pada tahun 2008.

Theaviationist

Bagikan :

  8 Responses to “15 Tahun Lalu Tragedi Jatuhnya Su-27 Ukraina”

  1.  

    Alamakkk

    Tilu baleh emang identik dengan ciloko..

  2.  

    kalo lagi nacep gini, inget ma komen si carin

  3.  

    semoga ga ada sukhoi2 lain didunia yg jatoh…

  4.  

    Malam pak melenceng dari topik nh tolong dicounter forum malay MFORUM CI kalau bikin berita indonesia pasti komenya sangat menhujat sekali

    •  

      gak papa, toh orang sana juga udah pada mafhum kalo kerajaan mereka sekarang sedang menuju bangkrap…

      kalo kita ladeni kesana, ntar malah dibilang orang kaya mampir ke rumah orang yang lagi bangkrut terus ngebully…xixixi…

  5.  

    hiiiiiiiiiiii……..

  6.  

    Hahaha… Wow Itu Fotografer Hebat Bener Ya bisa Ngeshoot Di Momen Radome Su-27 Nancep Ke Tanah

 Leave a Reply