Pertempuran Melawan ISIS di Suriah Bergeser ke Al-Mayadin

Tank T-90 Suriah dalam peperangan

Beirut, Jakartagreater.com. Tentara Suriah dan sekutunya maju sampai 10 kilometer dari al-Mayadin, ujar satuan media militer kelompok Hizbullah Lebanon pada Jumat, 6/10/2017 mendekati kota dianggap markas utama ISIS, dilaporkan Reuters.

Mereka menguasai kedudukan dan ketinggian sejajar atas jalan utama menghubungkan Deir al-Zor dengan al Mayadin di Efrat, Suriah timur, kata satuan media tersebut.

Kelompok pemantau perang, Pengamat Hak Asasi Suriah mengatakan pada Kamis bahwa kedudukan tentara hanya berjarak enam kilometer dari al-Mayadin.

ISIS melancarkan serangan balasan sengit di Suriah tengah dalam beberapa hari belakangan, menguji kendali tentara di daerah itu, yang direbut dalam serangan di wilayah timur laut, yang berlangsung berbulan-bulan.

Lokasi Al-Mayadin, Suriah (Vox)

Dengan dukungan kekuatan udara Rusia, tentara terus maju ke arah al-Mayadin dari Deir al-Zor di sepanjang lembah sungai Efrat.

Pada Juni, dua pejabat intelijen AS mengatakan bahwa mereka meyakini kelompok ISIS telah memindahkan sebagian besar struktur komando dan tim propagandanya ke al-Mayadin, sebelah tenggara dari bekas ibu kota mereka, Raqqa.

Kelompok pemantau itu mengatakan pada Jumat bahwa terjadi bentrokan di beberapa daerah provinsi Deir al-Zor timur. Militer Suriah melancarkan pertempuran al-Mayadin dan pesawat tempur Suriah serta Rusia melakukan ratusan serangan, katanya.

Hizbullah, kelompok bagian dari sekutu militer pendukung Presiden Bashar al-Assad, mengatakan pada pekan ini bahwa seorang komandan tinggi tewas dalam serangan kelompok ISIS di daerah gurun Suriah pusat.

Atas bantuan militer Rusia dan milisi dukungan Iran pada bulan lalu, tentara Suriah mengalami kemajuan di Deir al-Zor, meruntuhkan pengepungan tiga tahun kelompok ISIS di daerah kantong yang dikuasai pemerintah.

ISIS kehilangan wilayah akibat direbut pemerintah Suriah dan petempur dukungan AS, yang melakukan serangan terpisah terhadap benteng utama terakhir kelompok tersebut di provinsi Deir al-Zor.

Sharing

Tinggalkan komentar