3 Jet Tempur Typhoon, Jatuh Dalam Waktu Sebulan

Jet tempur Eurofighter Typhoon

Jakartagreater.com. Satu jet tempur Eurofighter Typhoon Angkatan Udara Spanyol jatuh di Albacete, Kamis, 12/10/2017, di tenggara Madrid, Spanyol, saat kembali ke pangkalan udara Los Lanos setelah mengikuti parade Nasional, dikutip dari TheAviationist.com.

Kecelakaan terjadi saat pesawat akan landing. Pilot tidak berhasil keluar dari pesawat dan tewas dalam kecelakaan itu, ujar Kementerian Pertahanan Spanyol.

//platform.twitter.com/widgets.js

Menurut Kementerian Pertahanan Spanyol, Eurofighter tersebut, satu dari empat typhoon yang ikut dalam parade di Madrid. Jatuhnya jet tempur itu saat mendekati Albacete belum diketahui penyebabnya.

Albacete adalah basis pangkalam jet Eurofighter Typhoon C.16 dari Ala 14 dan basis operasi utama NATO Tactical Leadership Programme.

Ini adalah kecelakaan mematikan ketiga dari jet tempur Eurofighter Typhoon dalam satu bulan: pesawat tempur RSAF Typhoon (Arab Saudi) yang terlibat dalam sebuah misi melawan petempur Houthi di Yaman menabrak sebuah gunung di distrik Al Wade’a pada 13 September 2017.

//platform.twitter.com/widgets.js

Kecelakaan lainnya yakni pada 24 September 2017, sebuah jet tempur Eurofighter Typhoon Angkatan Udara Italia jatuh menghantam laut saat tampil tunggal di pertunjukan udara Terracina.