Pilot Asing yang Disergap Pesawat Tempur TNI AU di Sumut Diamankan

(Foto: Khairul Ikhwan/detikcom)

Kamis, 10/04/2014

Medan – Sebuah pesawat Cessna disergap pesawat tempur TNI AU saat melintas di wilayah Sumatera Utara. Pesawat dipaksa turun. Sang pilot diamankan.

Pesawat bernomor register nomor N543 JX itu dipaksa turun di Pangkalan TNI Angkatan Udara (Lanud) Soewondo, Medan, Kamis (10/4/2014) sekitar pukul 12.44 WIB. Kemudian, sang pilot bule yang belum diketahui identitasnya itu diamankan. Ia dikawal POM TNI AU dan prajurit berseragam hijau loreng.

Pesawat tersebut berpenumpang tunggal. Setelah mendarat, pesawat berwarna merah itu dijaga personel TNI bersenjata lengkap.

Pihak TNI AU belum memberikan keterangan resmi mengenai penyergapan pesawat sipil ini. “Nanti Pangkosek akan memberikan keterangan resmi,” kata seorang perwira yang berjaga di sekitar pesawat.

Menurut informasi, pesawat tersebut disergap dua pesawat tempur F-16 TNI AU saat terbang di perairan Sibolga, kawasan Pantai Barat Sumut. Diduga, pesawat ini masuk ke wilayah Indonesia karena cuaca buruk dalam perjalanan dari Selandia Baru ke Malaysia.  (detikNews)

Leave a Comment