Pangdam Cenderawasih Siap Bantu Polri Tangkap KKB

dok. Pasukan Para Raider 432 Kostrad Patroli di perbatasan Papua-PNG

Jayapura, Jakartagreater.com – Pangdam XVII Cenderawasih Mayjen TNI George Supit mengatakan, personil TNI siap membantu polisi mengejar dan menangkap Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) yang melaksanakan aksi penembakan di areal PT. Freport di Tembagapura, Papua.

“TNI siap membantu polisi dan pengerahannya akan dilakukan setelah mendapat permintaan resmi dari Polda Papua,” ujar Mayjen TNI Supit di Jayapura, dirilis Antara, 28/10/2017. Dikatakan Pangdam, personil TNI yang disiapkan itu nantinya akan diperbantukan ke Polda Papua sehingga bersama-sama dengan polisi melaksanakan pengejaran untuk menangkap kelompok KKB.

TNI tidak bisa bergerak sendiri sebab seperti halnya wilayah lain di Indonesia, Papua adalah daerah tertib sipil sehingga yang dikedepankan adalah Polisi. Belum diketahui secara pasti berapa banyak personil yang akan di bawah kendali operasi (BKO) ke Polda Papua, ujar Mayjen TNI Supit.

Sementara itu secara terpisah Kapolda Papua Irjen Pol Boy Rafli mengatakan, sudah meminta bantuan sokongan personil TNI sehingga bersama-sama dengan Polisi melakukan pengejaran dan menangkap anggota KKB.

“Kami sudah meminta secara resmi ke Kodam XVII Cenderawasih namun belum dipastikan berapa personil yang akan diperbantukan ke Polda Papua,” ujar Irjen Pol Boy Rafli.

Aksi penembakan yang dilakukan KKB di areal PT Freeport di Tembagapura sejak Sabtu 21 Oktober 2017 menyebabkan 7 anggota Brimob mengalami luka-luka, satu di antaranya meninggal dan 3 warga sipil, luka-luka .(Antara).

Sharing

Tinggalkan komentar