Kontrak Pembelian Su-35 untuk Indonesia, Masih Berproses

Su-35 (photo : Oleg Belyakov via Wikimedia Commons)

Jakarta – Kepala Staf TNI Angkatan Udara, Marsekal NI Yuyu Sutisna, menegaskan, rencana pembelian pesawat tempur generasi 4,5, Sukhoi Su-35 dari pemerintah Rusia masih terus berproses.

“Sukhoi Su-35 masih jalan. Tidak ada pengaruh apa-apa, sesuai dengan apa yang disampaikan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto,” kata Yuyu usai Rapat Pimpinan TNI Angkatan Udara 2018 di Mabesau Cilangkap, Jakarta, Jumat, 26/1/2018. dilansir Antara.

KSAU mengatakan hal ini menanggapi adanya informasi tekanan dari pemerintah Amerika Serikat (AS) agar Indonesia tidak membeli pesawat dari Rusia saat Menteri Pertahanan AS James Norman Mattis berkunjung ke Indonesia.

“Saya tidak mendengar itu (adanya dugaan tekanan dari AS). Saya dapat informasinya dari media. Yang pasti, kontraknya akan berjalan,” kata KSAU.

Mantan Panglima Komando Operasi TNI AU (Pangkoopsau) I ini mengharapkan penandatanganan kontrak pembelian Sukhoi-35 berlangsung pada Februari 2018.

“Saya harapkan paling lambat pada Februari 2018 sudah ditandatangani kontrak tersebut. Kalau sudah ditandatangani kontrak tersebut, maka pada tahun depan pesawat pertama akan datang,” ujarnya.

Tinggalkan komentar