Pangkostrad Tutup Latihan Pembentukan Taipur VII Kostrad

Pangkostrad Letjen TNI Edy Rahmayadi menutup Latihan Pembentukan Taipur VII Kostrad 2017, pada Selasa 19 Desember 2017 di Lapangan Sub Detasemen Pemeliharaan Daerah Latihan Kostrad Jatiluhur, Purwakarta, Jawa Barat.

Purwakarta, Jakartagreater.com – Pangkostrad Letjen TNI Edy Rahmayadi menutup Latihan Pembentukan Taipur VII Kostrad 2017, pada Selasa 19 Desember 2017 di Lapangan Sub Detasemen Pemeliharaan Daerah Latihan (Subdenharrahlat) Kostrad Jatiluhur, Purwakarta, Jawa Barat.

Tujuan pembentukan Taipur ini adalah untuk melatih dan membentuk prajurit satuan jajaran Kostrad menjadi prajurit Taipur yang memiliki kemampuan khusus dalam melaksanakan tugas operasi di berbagai medan baik di rawa laut, hutan gunung dan perkotaan.

Tujuan pembentukan Taipur ini adalah untuk melatih dan membentuk prajurit satuan jajaran Kostrad menjadi prajurit Taipur yang memiliki kemampuan khusus dalam melaksanakan tugas operasi di berbagai bentuk medan baik di rawa laut, hutan gunung dan perkotaan. Demikian dikatakan Pangkostrad Letjen TNI Edy Rahmayadi pada upacara penutupan Latihan Pembentukan Taipur VII Kostrad 2017.

Sasaran dari prajurit Taipur Kostrad, memiliki kemampuan khusus dalam melaksanakan tugas operasi lawan gerilya, pertempuran pemukiman, perkotaan, jarak dekat, tugas intelijen Sandhi Yudha dan intelijen tempur aspek laut.

“Sasaran yang ingin dicapai adalah terwujudnya prajurit Taipur Kostrad yang memiliki kemampuan khusus dalam melaksanakan tugas operasi lawan gerilya, pertempuran pemukiman dan perkotaan, pertempuran jarak dekat, tugas intelijen Sandhi Yudha serta intelijen tempur aspek laut,” kata Letjen TNI Edy Rahmayadi.

Menhan RI Ryamizard Ryacudu adalah penggagas sekaligus pendiri satuan Taipur pada tahun 2001, pada saat menjabat sebagai Pangkostrad dengan tujuan agar Kostrad memiliki satuan khusus dengan kualifikasi khusus yang mampu melaksanakan operasi pengintaian dan eksekusi langsung di sasaran. Sekarang ini Kostrad telah memiliki satuan tempur yang berkualifikasi khusus, yaitu Satuan Para Raider, Satuan Raider dan Satuan Taipur.

Satuan Taipur tersebut adalah, selain memiliki kemampuan tempur khusus juga dilengkapi dengan peralatan tempur khusus, seperti alat selam tempur close circuit, kendaraan bawah air dan berbagai jenis senjata canggih lainnya.

Pembentukan Taipur ke-VII Tahun 2017 ini berjalan selama 6 bulan, dimana sebelumnya telah di awali dengan :

  1. Pembentukan Taipur ke-1 pada Tahun 2001.
  2. Pembentukan Taipur ke-2 Tahun 2002.
  3. Taipur ke-3 Tahun 2003.
  4. Taipur ke-4 Tahun 2004.
  5. Taipur ke-5 Tahun 2009.
  6. Taipur ke-6 Tahun 2015.
  7. Taipur ke-7 Tahun 2017.

Satuan Taipur tersebut selain memiliki kemampuan tempur khusus juga dilengkapi dengan peralatan tempur khusus, seperti alat selam tempur close circuit, kendaraan bawah air dan berbagai jenis senjata canggih lainnya. (Penkostrad. Selasa, 19 Desember 2017).