Indonesia Terima AH-64E Apache Guardian Pertama

BAE APKWS on Apache
Helikopter AH-64E menembakkan APKWS, roket berpemandu laser © BAE Systems

JakartaGreater.com – Pada tanggal 18 Desember, Tentara Nasional Indonesia (TNI) telah menerima tiga unit helikopter AH-64E Apache Guardian yang pertama kali disetujui oleh Departemen Luar Negeri AS pada akhir 2015, seperti dilansir dari laman Quwa.org.

Pada bulan Januari 2015 yang lalu, Departemen Pertahanan AS (DoD) memberikan kontrak senilai $295,9 juta kepada Boeing untuk memasok Indonesia dengan delapan unit helikopter tempur AH-64E Apache Guardian.

Helikopter AH-64E adalah varian terbaru dari Apache, platform helikopter serang berat yang mampu melakukan operasi anti-lapis baja dan anti-infanteri. Helikopter ini adalah andalan Angkatan Darat AS serta Inggris, Arab Saudi, Belanda, Israel dan lain-lain.

Jakarta secara formal menandatangani kesepakatan tersebut saat Departemen Pertahanan AS memberikan pesanan senilai $ 296 juta kepada Boeing untuk memproduksi helikopter tersebut. Indonesia, bersama Qatar dan India, termasuk di antara pelanggan baru helikopter Apache Guardian yang tercatat dalam daftar pesanan Boeing saat ini.

Leave a Comment