Jepang Akan Peroleh Destroyer Kelas 3900 Ton Baru

(Sumber: Defence Blog)

Jepang Akan Peroleh Destroyer Kelas 3900 Ton Baru 1

JakartaGreater.com – Pada tanggal 22 Desember, pemerintah Jepang telah menyetujui sebuah rancangan anggaran pertahanan untuk tahun fiskal 2018 yang berjumlah 5,19 triliun yen ($ 46 miliar) di tengah meningkatnya ancaman dari Korea Utara dan China, seperti dilansir dari laman Defence Blog.

Pemerintah Jepang juga mengalokasikan sekitar 96,4 miliar yen untuk memperolehnya Perusak (Destroyer) kelas 3.900 ton. Pemerintah berencana untuk membangun dua unit kapal perusak jenis baru, yang dapat terlibat dalam beragam misi dengan kapal berukuran kecil, dimana telah mengalokasikan anggaran sebesar 92,2 miliar yen untuk biaya pembelian.

Menurut anggaran pertahanan terbaru, Jepang berencana membangun kapal perusak kelas baru (3.900 ton) yang dilengkapi dengan kemampuan multi-tugas yang telah ditingkatkan, termasuk fungsi perang anti-rancau yang sampai saat ini masih dilakukan oleh kapal penyapu ranjau laut, dan memiliki ukuran yang lebih kecil, untuk memperluas kekuatan armada kapal perangnnya hingga 54 kapal.

Rencana untuk membangun kapal perusak jenis baru tersebut merupakan bagian dari solusi pemerintah yang berusaha meningkatkan kemampuan pertahanan terhadap pulau-pulau yang jauh di tengah berkembangnya kekuatan maritim China dan ancaman Korea Utara.

Leave a Reply