SAAB Dukung Penuh Pengembangan Radar AESA untuk KF-X - JakartaGreater

SAAB Dukung Penuh Pengembangan Radar AESA untuk KF-X

Render komputer jet tempur KF-X Angkatan Udara Korea Selatan dalam pertempuran © Korea Aerospace Industries

JakartaGreater.com – SAAB telah menerima pesanan untuk mendukung pengembangan algoritma dan evaluasi radar AESA untuk jet tempur KF-X asal Korsel, seperti dilansir dari laman Defense World. (23/12/2017)

Program pengembangan radar tersebut dipimpin oleh Badan Pengembangan Pertahanan (ADD) Korea Selatan dan Saab akan bekerjasama dengan ADD dan mitra kontraknya yakni LIG Nex1. Nilai kontrak tersebut adalah sebesar $ 25 juta.

Republik Korea Selatan memiliki ambisi jangka panjang untuk mengembangkan pesawat tempur domestik, termasuk peralatan avionik yang relevan seperti radar AESA. Bagi SAAB, kontrak ini merupakan tonggak penting, dan menunjukkan bahwa SAAB adalah mitra penting dalam jangka panjang bagi otoritas dan industri di Republik Korea Selatan.

“Kami bangga menjadi bagian dari program pengembangan radar AESA. Hal ini semakin membuktikan posisi kami sebagai penyedia dan mitra terkemuka untuk mengembangkan teknologi pesawat tempur dan sub-sistem terbaru. Salah satu tujuan kami adalah bermitra dengan industri dan pemerintah Republik Korea Selatan untuk mendukung pengembangan pesawat tempur domestik”, kata Anders Carp, kepala area bisnis SAAB Surveillance.

LIG Nex1 Co. Ltd. berbasis di Seoul dan mengembangkan serta memproduksi berbagai macam sistem elektronik presisi tinggi.

Seoul sedang mengembangkan jet tempur buatan lokal, yang awalnya disebut sebagai KF-X, dengan dukungan dari Lockheed Martin namun pemerintah AS menolak memberikan empat teknologi penting termasuk radar AESA. ADD kemudian berjanji untuk mengembangkan teknologinya sendiri.

Korea Selatan telah mengajak Indonesia sebagai mitra dalam program jet tempur KF-X (Korea Selatan) dan IF-X (Indonesia) dimana yang terakhir adalah untuk mendanai sebagian program dengan imbalan hak untuk memproduksi sejumlah pesawat terbang.

Tinggalkan komentar