Amerika Setujui Ekspor Sniper Barrett M107A1 ke Ukraina

Sniper Barrett M107A1 buatan Amerika. (Sumber: Barrett)

JakartaGreater.com – Menurut Washington Post pada tanggal 20 Desember 2017, bahwa Departemen Luar Negeri AS “menyetujui lisensi komersial yang memberikan otorisasi ekspor sniper (senapan runduk) Model M107A1, amunisi, suku cadang dan asesoris terkait kepada Ukraina, senilai $ 41,5 juta, seperti dilansir Army Recognition.

Persetujuan tersebut termasuk penting, karena menandai untuk pertama kalinya AS mengizinkan Ukraina untuk membeli senjata mematikan dari industrinya. Sejak pecah konflik di Ukraina timur pada tahun 2014, Kiev telah berusaha untuk mengakuisisi senjata dari Amerika, namun AS di bawah Presiden Barack Obama enggan mengizinkan penjualan.

M107A1 adalah senapan anti-material yang dirancang dan diproduksi oleh American Company Barrett yang memiliki kapasitas untuk mengidentifikasi dan secara efektif melibatkan target materil dengan tingkat presisi mencapai 1.500 m. M107A1 adalah senapan sniper semi-otomatis yang dirancang untuk menembakkan serangkaian proyektil kaliber 0,50.

Peluru kaliber 0.50 adalah kaliber utama yang digunakan oleh negara-negara ABCA pada senapan anti-material karena kemampuan proyektil untuk menembus, melumpuhkan dan atau menghancurkan kendaraan lapis baja ringan yang tidak bersenjata.

Optik bertenaga tinggi yang dipasang pada M107A1 menyediakan peningkatan kemampuan penargetan serta kesadaran situasional yang disempurnakan kepada operator. Dengan berat 13 kg, M107A1 sangat portabel dan bisa dibawa oleh seorang operator senjata.

Senapan sniper semi-auto M107A1 diberi umpan melalui magasin 10 putaran.

Sharing

Tinggalkan komentar