Korea Selatan Akan Rekrut Tentara untuk Unit Tempur Dronebot

Tentara Korea Selatan sedang mempersiapkan drone. © Yonhap

JakartaGreater.com – Angkatan Bersenjata Korea Selatan tahun depan akan memilih tentara untuk bertugas di unit tempur dronebot, sebagaimana dijelaskan sebagai game changer potensial dalam peperangan, seperti dilansir dari Defense World.

Tentara akan menciptakan spesialisasi tugas militer terkait hal itu di tahun yang akan datang. Ini berhenti sejenak untuk mengungkapkan jadwal dan ukuran tim baru yang tepat.

Angkatan Darat sedang bersiap untuk memulai perekrutan sambil berkonsultasi dengan administrasi kepegawaian militer, dimana mereka yang memiliki sertifikat terkait dengan perawatan dan operasi drone lebih diutamakan. Dipertimbangkan juga pelatihan bagi perwira reguler dan non-reguler untuk bergabung dengan tim dronebot.

“Pasukan operasi drone akan ditugaskan untuk melakukan manuver drone militer dalam situasi damai dan saat perang”, tutur seorang tentara pada hari Jumat.

Disebutkan bahwa aset pertahanan itu sebagai “dronebot”, kombinasi dari kata “drone” dan “robot”. Angkatan bersenjata akan membentuk “pusat penelitian militer dronebot” pada bulan Januari untuk mempelajari misi dan peran tempurnya.

Tim tersebut akan mengoperasikan dronebot pengintai terhadap target Korea Utara seperti situs nuklir dan rudal. Dalam kasus kontingensi, kawanan dronebot akan dimobilisasi untuk memulai serangan.

Angkatan Darat Korea Selatan tampaknya sedang mempertimbangkan untuk meniru unit militer sejenis yang telah dibentuk oleh Israel.