Tahun 2017, Pasukan Radar Rusia Identifikasi Lebih 600.000 Obyek Udara

Sebuah radar peringatan dini Voronezh-DM yang bekerja pada jalur UHF di wilayah Leningrad, Rusia. © Wikipedia

JakartaGreater.com, Moskow – Menurut Kementrian Pertahanan Rusia pada hari Senin, Pasukan radio teknis (radar) Angkatan Udara Rusia mengidentifikasi lebih dari 600.000 obyek udara pada tahun 2017, seperti dilansir dari laman Sputnik.

“Pasukan radio teknis Angkatan Udara [Rusia] mendeteksi dan mengawal lebih dari 600.000 obyek udara pada tahun 2017. Hingga saat ini, pasukan tersebut dilengkapi dengan stasiun dan kompleks radar yang mampu melacak obyek udara disemua wilayah, termasuk obyek dengan teknologi siluman, terlepas dari kondisi dan gangguan meteorologi”, bunyi pernyataan tersebut.

Lebih lanjut menurut pernyataan tersebut, stasiun radar Rusia bisa mendeteksi benda-benda angkasa pada jarak lebih dari 400 kilometer (sekitar 248 mil) dan pada ketinggian lebih dari 100 kilometer.

Mereka juga dapat secara bersamaan memonitor lebih 200 obyek udara dari berbagai jenis, termasuk pesawat terbang, helikopter dan kendaraan udara nirawak, demikian tulis pernyataan tersebut.

Seperti diberitakan sebelumnya oleh JakartaGreater.com, pada bulan Juni, Menteri Pertahanan Rusia, Sergei Shoigu tiba di kota Yeniseysk, untuk mengunjungi stasiun radar peringatan dini Voronezh-DM.

Sistem radar Voronezh-DM (77Ya6-DM) bekerja di kisaran desimeter (UHF) dan dirancang oleh NPK NIIDAR. Sistem radar ini memiliki jangkauan hingga 10.000 km dan mampu melacak 500 objek secara bersamaan.

Berdasarkan data tahun 2015, jangkauan maksimal radar ini adalah 10.000 km. Dimana jangkauan horizontal adalah 6.000 km dan jangkauan vertikal sejauh 8.000 km. Sementara itu, pada jarak 8.000 km, radar tersebut mampu mendeteksi target seukuran lapangan “sepak bola”.

Sistem radar tersebut mampu mendeteksi obyek balistik, pesawat ruang angkasa dan obyek aerodinamis termasuk rudal balistik dan rudal jelajah. Sistem serupa telah dipasang dibeberapa wilayah Rusia seperti di Leningrad, Kaliningrad dan Irkutsk.

Sharing

Tinggalkan komentar