JakartaGreater.com - Forum Militer
Jan 042018
 

Desain fregat Angkatan Laut Filipina merupakan varian dari HDF-3000 buatan Hyundai Heavy Industry, Korea Selatan. Roy Kabanlit via Wikimedia Commons

JakartaGreater.com – Dengan diumumkannya fase Critical Design Review (CDR) dari proyek fregat masa depan Angkatan Laut Filipina oleh Steering Committee pada bulan Oktober 2017, maka diputuskan untuk terus melangkah maju dengan konfigurasi alternatif dari Hyundai Heavy Industry, bukan konfigurasi asli yang sedang diperjuangkan oleh Angkatan Laut Filipina.

Hal ini memungkinkan bagi Hyundai agar dapat mulai memberikan kontrak untuk memasok subsistem pada fregat baru, dengan sebagian ringkasan di bawah ini:

  • Naval Shield Baseline 2 Integrated Combat Management System dari Hanwha Systems akan digantikan dengan TACTICOS buatan Thales Belanda
  • Ship Management System akan disediakan oleh Servowatch
  • Sharpeye Naval Navigation Radar System akan dipasok oleh Kelvin Hughes
  • PASEO NS naval Electro-Optical Tracking System dari Safran akan digantikan oleh SAQ-560K dari Hanwha Systems
  • Sistem penanggulangan softkill C-Guard dari Terma akan digantikan Wallop Super Barricade
  • Peluncur torpedo ringan akan dipasok oleh Systems Engineering & Assessment Ltd sesuai konfigurasi asli
  • RWS Smash 30mm buatan Aselsan akan menggantikan dengan Seahawk buatan MSI Defence
  • Sistem propulsi dan generator utama akan dipasok STX Engine, menggantika MTU

Karena Hyundai Heavy Industries telah mulai memberikan kontrak kepada para pemasok subsistem, mungkin juga konfigurasi alternatif lainnya sesuai dengan daftar yang diajukan Hyundai, yakni:

  • 3D Air/Surface Search Radar – ini agak membingungkan karena Hyundai menyebutnya sebagai “Hensoldt TRS-3D AESA” menggantikan radar NS106 Thales Belanda. Sejauh ini, TRS-3D dari Hensoldt bukanlah sistem radar AESA, walaupun generasi berikutnya TRS-4D adalah sistem AESA. Berdasarkan sumber Max Defense, Angkatan Laut Filipina menganggap tawaran tersebut dibawah kemampuan TRS-3D meskipun tidak ada varian spesifik yang diindikasikan oleh Hyundai saat menyerahkan konfigurasi alternatif itu
  • Fire Control Radar menggunakan NA-25X FCR buatan Leonardo (Selex) akan menggantikan STIR 1.2 EO Mk2 buatan Thales Belanda
  • Electronic Support Measures menggunakan Elisra NS9300A buatan Elbit, akan menggantikan Vigile 100 Mk2 buatan Thales
  • Identification Friend or Foe menggunakan MSSR 20001 buatanAirbus, akan menggantikan TBSB 2525 buatan Thales
  • Sonar lambung Model 997 buatan Harris (dahulu Exelis) akan menggantikan Underwater Systems Bluewatcher buatan Thales
  • Tactical Data Link akan menggunakan Link K buatan Hanwa Systems, menggantikan Link Y Mk2 buatan Thales
  • Senjata utama tetap dipertahanan sesuai konfigurasi asli yakni menggunkan Oto Melara 76 mm buatan Leonardo
  • Sistem rudal anti kapal akan menggunakan LIGNex1 SSM-700K C-Star
  • Sistem rudal pertahanan udara akan menggunakan MBDA Simbad-RC dengan rudal Mistral

Daftar tersebut akan memungkinkan setiap orang melihat apakah subsistem dalam Konfirmasi Alternatif memenuhi spesifikasi teknis fregat Filipina, walaupun sebagian telah sesuai dengan spesifikasi namun sebagian lainnya lebih rendah dari sistem yang akan mereka gantikan.

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Max Defense Filipina.

Bagikan:

  53 Responses to “Proyek Fregat Filipina dengan Konfigurasi Alternatif”

  1.  

    Hmm… nyimak dulu deh..

  2.  

    hebat mana dengan konsep fregat masa depan pkr

    •  

      yaa sudah jelas too hebat punya kita…walau punya tetangga lebih baik…tetap hebat punya kita….!!! sapa lagi coba yang mau menghargai kita kalo kita aja udah underestimate…!!!

    •  

      Memang light fregat kita tidak semahal punya tetangga…karena kemungkinan besar kita butuh banyak utk kelas 105 PKR…diatas 15 unit..kan ada2 armada kita sekrang timur dan barat dg kekuatan 150 KRI(campuran).. kedepannya kan jadi 3 armada,anggap aja sekarang 75-75 unit untuk barat dan timur,jadi kurang 75 unit kaprang(berbagai tipe)untuk armada baru…ini itungan gampangannya..tapi ngemeng2 kalo PKR 105 kita ditambah CIWSnya menjadi 3 titik..seperti steregushchiy-class..sangat2 kuat utk pertahanan terakhir..steregushchiy dg 1 kahstan dan 2 AK-630,berarti samping2 akan terlindungi dg AK-630..jika diattack salvo rudal anti kapal,maksut saya kinerja 1 AK-630 akan terkonsentrasi lebih maksimal utk melindungi kapal,…nah…di PKR kalo mau dimodif cukup dengan itu saja,semuanya sudah bagus utk ukuran light fregat..oh iya pilihan juga banyak utk 2 CIWS tsb,..kalo pengen mahal dan kompak ambil pantsyr M(malah sudah ada bonus rudalnya jumlah 8 unit)..AK 630 russia/china,.. Rheinmetall 20mm..atau tipe 90 35mm china(biar ammonya sama dg yg millenium) yg manual…pake remote lebih baik..terpaksa manual tidak apa2..ini menurut saya..

  3.  

    yaa sudah jelas too hebat punya kita…walau punya tetangga lebih baik…tetap hebat punya kita….!!! sapa lagi coba yang mau menghargai kita kalo kita aja udah underestimate…!!!

  4.  

    Melihat perubahan spesifikasi yang diajukan, apakah ada hubungannya dengan harga kapal yang mahal? Tapi bukankah katanya kontrak telah ditandatangani sesuai tender? Nah klo sesuai penawaran tender speknya gahar koq sekarang yang dikerjakan malah speknya lain?

    Apakah ini juga terjadi dengan kesepakatan IFX kita ya? Sehingga spek IFX kita dibawah KFX?

  5.  

    Wowww…Pinoy bikin project besar di angkatan laut, memodernisasi armada lautnya….kita jangan sampai tertinggal sama tetangga sebelah….negara sak opil akan punya armada laut yg tangguh. Di tahun 2018, adakah kapal KRI fregat baru yang bakal jadi melaut? kok sepi2 saja….yang rame cuman SU35…itupun masih harap-harap cepat datang….tapi yaaa kok ndak datang2….

  6.  

    Perasaan mirip Milgem yah…

  7.  

    mungkin….tapi saya rasa itu perasaan sampean saja…!!!! 😆
    memeng poster tuu gambar frigate class milgem

  8.  

    Dalam waktu dekat ini tni kedatangan heli serbu ringan as550, heli Serang Apache, changbogo ke2, c130 hercules, f16 dan pesawat latih grob g120 tp.

  9.  

    Pertahanan pinoy mulai bergairah nie…banyak beli nya…bagus dah, biar kawasan semakin kuatt..,.

 Leave a Reply