Ukraina Mengembangkan Rudal Jelajah Darat Baru

Rudal jelajah Korshun Ukraina memiliki kemampuan seperti rudal Tomahawk buatan AS. © Yuzhnoye

JakartaGreater.com – Biro Desain Yuzhnoye telah mengumumkan rencana untuk mengembangkan rudal dari jajaran keluarga rudal KORSHUN, termasuk rudal jelajah darat terbaru, seperti dilansir dari laman Defense Blog.

Biro Desain Yuzhnoye telah merilis rekaman video promo yang menunjukkan model rudal jelajah versi darat terbaru yang berasal dari keluarga rudal KORSHUN. Perusahaan, bagaimanapun, belum memberikan rincian atau dokumen tentang rudal baru tersebut.

Menurut sumber anonim di industri pertahanan mengatakan bahwa Biro Desain Yuzhnoye mengembangkan rudal “terrain hugging” atas inisiatif mereka sendiri. Ini bisa diluncurkan dari peluncur darat atau platform bawah laut.

Rudal tersebut akan menggunakan roket berbahan bakar padat sebelum mesin jet dinyalakan setelah diluncurkan. Rudal jelajah yang diluncurkan dari darat terbaru akan memiliki jangkauan antara 500-700 km dan berpotensi bisa menembus sistem pertahanan udara musuh tanpa terdeteksi.

Miniatur rudal jelajah darat terbaru yang dikembangkan Ukraina. © Yuzhnoye

Mock-up dan model dari keluarga rudal KORSHUN terbaru dipamerkan oleh Biro Desain Yuznoe berkali-kali. Namun, hingga saat ini tidak ada data yang dapat diandalkan mengenai uji coba peluncuran tersebut.