Royal Navy Selesaikan Uji Selam Pertama Astute-Class Keempat

Kapal selam kelas Astute keempat, HMS Audacious selesaikan uji selam pertama. © BAE Systems

JakartaGreater.com – Kapal selam keempat kelas Astute yaitu HMS Audacious, yang sedang dibangun oleh BAE Systems untuk Royal Navy, telah mencapai tonggak sejarah yang signifikan dengan menyelesaikan penyelaman pertama.

Dilansir dari laman Defense Word, penyelaman trim dan basin berlangsung selama dua hari di Devonshire Dock, di lokasi Perusahaan di Barrow-in-Furness minggu lalu. Dalam pengujian tersebut, terlihat HMS Audacious ditenggelamkan sepenuhnya di bawah air pertama kalinya untuk menguji banyak sistem on-board, membuktikan keamanan dan stabilitas kapal selam sepanjang 97 meter dengan bobot 9.700 ton.

Diresmikan pada bulan Desember 2016 dan diluncurkan pada bulan April tahun lalu, Audacious dijadwalkan untuk meninggalkan Barrow untuk uji coba laut akhir tahun ini.

HMS Audacious diklaim akan memiliki standar baru angkatan bersenjata Inggris dengan senjata yang lebih besar, sistem komunikasi yang lebih baik dan teknologi siluman yang lebih maju dari yang ada sebelumnya.

Dipercaya bahwa lebih dari 39.000 ubin akustik menutupi tanda tangan sonar kapal yang berarti kapal selam nuklir menghasilkan suara lebih sedikit dari bayi lumba-lumba. Sonar yang kuat dan canggih juga diklaim mampu untuk mendeteksi kapal-kapal yang meninggalkan New York dari jarak 3.000 mil di Selat Inggris.

HMS Astute, HMS Artful dan HMS Ambush sudah dalam layanan dengan Royal Navy. Kapal selam ke-5 dan ke-6, HMS Anson dan HMS Agamemnon, bersama dengan kapal selam ke-7 yang belum diberi nama, kini berada dalam tahap konstruksi yang berbeda di situs Barrow.