Kemhan Uji Fungsi Pengembangan Prototipe Rudal Petir

Uji Fungsi Pengembangan Prototype Rudal Petir, Serang, Banten. (Kemhan).

Serang, Balitbang Kementerian Pertahanan (Kemhan) dalam hal ini yang terkait Puslitbang Alpalhan melaksanakan uji fungsi pengembangan prototipe rudal petir di Lanud Gorda Desa Lamaran, Serang, Banten, 19/1/2018. Uji fungsi pengembangan prototipe rudal petir disaksikan oleh Ses Balitbang Kemhan Laksma TNI Ir. A. Budiharja Raden, Kabid Matra Laut Puslitbang Alpalhan Balitbang Kemhan Kolonel Laut (KH) Ir. Indra Usmansyah, MM., para pejabat di lingkungan TNI dan Kemhan, Dislitbang AL, Dislitbang AU, dan tim uji coba dari PT. Sari Bahari Malang.

Kegiatan diawali sambutan oleh Ses Balitbang Kemhan Laksma TNI Ir. A. Budiharja Raden, pembacaan doa, dilanjutkan uji fungsi rudal petir dari tim PT. Sari Bahari dan terakhir evaluasi hasil pelaksanaan uji fungsi rudal petir.

Pelaksanaan uji fungsi pengembangan prototipe rudal petir ini adalah hasil kerjasama antara Balitbang Kemhan dengan PT. Sari Bahari yang telah melaksanakan uji fungsi prototipe rudal petir yang ke-3. Dalam pelaksanaannya, uji fungsi rudal petir akan dilontarkan dengan platform peluncur dan mendarat dengan menggunakan jaring. Rudal petir ini adalah buatan dan dikembangkan di dalam negeri yang merupakan inovasi dan kemandirian industri pertahanan nasional.

dok. Rudal Petir (photo : Jiwa Bening)

Perlu diketahui bahwa untuk meningkatkan performance rudal petir tersebut telah dilakukan pengembangan diantaranya meningkatkan kecepatan yang diharapkan bisa mencapai 350 km/jam, jarak jangkauan sekitar 80 km, pengembangan sistem kontrol auto pilot dan seeker, pembuatan peluncur rudal serta pengembangan warhead. Scope of work dari pengembangan rudal petir ini dititikberatkan pada peningkatan kecepatan, jarak jangkau, sistem kontrol, dan uji fungsi. Dengan adanya target pengembangan tersebut maka terjadi perubahan air frame. (Kemhan).

Sharing

Tinggalkan komentar