T-90M Upgrade Rusia Akan Segera Memasuki Layanan

dok. Tank T-90 Rusia. (photo : Hargi23 via commons.wikimedia.org)

JakartaGreater.com – Angkatan Darat Rusia dalam beberapa bulan lagi akan menerima batch pertama tank tempur T-90M yang telah ditingkatkan. Hal tersebut disampaikan oleh perusahaan riset dan industri Uralvagonzavod, seperti dilansir dari laman TASS.

“Dalam beberapa bulan kita akan dapat mengatakan bahwa T-90M akan diberi wewenang untuk memasuki layanan. Batch pertama akan cukup untuk membentuk batalyon tank”, menurut Uralvagonzavod (UVZ).

Program persenjataan negara Rusia telah merencanakan untuk memperoleh tank-tank tersebut sepanjang periode yang akan efektif pada jumlah yang telah ditentukan oleh Angkatan Bersenjata Rusia.

Menurut struktur militer resmi, satu batalyon resimen tank akan berisi 31 kendaraan, dan batalyon resimen infanteri mekanik memiliki 40 tank.

Pengujian tank T-90M yang baru dilanjutkan sesuai dengan jadwal yang disahkan oleh Kementerian Pertahanan Rusia.

Apa yang baru?

Uralvagonzavod menekankan bahwa fitur baru pada kendaraan upgrade yaitu modul menara (turret) baru, dikombinasikan dengan kompleks senjata yang kuat dan sistem kendali tembak otomatis, yang meningkatkan kemampuan tempur tank ini.

Tangki menerima efektifitas tertinggi dari sistem persenjataannya terhadap pelacakan sasaaran otomatis dalam kanal penglihatan visi termal.

Penembak dan komandan tank sama-sama memiliki kemampuan mencari target, yang memungkinkan sistem kendali tembak beroperasi dalam mode “hunter-gunner” yang sangat efektif.

Tank memiliki level perlindungan baru

“Proteksi dinamis modular barunya meningkatkan ketahanan terhadap alat serang modern serta sangat dapat diandalkan. Pelindung elektro-magnetik adalah perlindungan terhadap ranjau magnetometrik”, menurut uraian Uralvagonzavod.

Senjata 125 mm yang tersemat pada T-90M modern ini mampu menembakkan semua jenis amunisi modern, sementara senapan mesinnya yang dikendalikan dari jauh serta dilengkapi penstabil selama pergerakannya, ini memungkinkan komandan tank untuk melakukan tembakan efektif secara terpisah dari senjata utama, baik disaat tank dalam kondisi diam ataupun bergerak.

Tinggalkan komentar