Jet Tempur Su-25 Rusia Hancur Tertembak Rudal di Suriah

Jet tempur Su-25SM Angkatan Udara Rusia. © Alan Wilson via wikimedia.org

JakartaGreater.com – Kementerian Pertahanan Rusia telah merilis sebuah video perihal jatuhnya Su-25 di Suriah setelah jet tempur tersebut ditembak oleh rudal pertahanan udara portabel pada 3 Februari, seperti dilansir dari Spitnik News.

“Saat melintasi zona de-eskalasi Idlib di Suriah, jet tempur Su-25 Rusia telah dihancurkan oleh rudal anti pesawat portabel”, menurut dugaan sementara Kementerian Pertahanan Rusia.

Setelah serangan tersebut, Angkatan Udara Rusia melakukan serangan amunisi presisi tinggi di daerah yang dikuasai oleh kelompok teroris Jabhat Fatah Al-Sham yang dulu dikenal sebagai Front Al-Nusra karena menembakkan rudal untuk menghancurkan jet tempur Su-25 Rusia.

Kementerian Pertahanan Rusia mencatat bahwa serangan menggunakan senjata presisi telah dilakukan di wilayah yang dikuasai oleh kelompok teroris Jabhat Al-Sham hingga menewaskan lebih dari 30 militan disana.

Menambahkan bahwa menurut informasi awal, jet tempur itu mungkin telah ditembak jatuh oleh Man Portable Air Defense System (MANPAD).

“Pilot tersebut dilaporkan melakukan dukungan udara di daerah yang dikuasai oleh pemberontak Jabhat Fatah Al-Sham. Saat melaksanakan melawan teroris, pilot tersebut meninggal”, kata Kemenhan Rusia.

Berbagai upaya telah dilakukan untuk mengambil kembali jasad sang pilot.

Selama dua tahun melaksanakan operasi militer di Suriah, Rusia telah kehilangan empat pesawat terbang dan empat helikopter. Menurut Wakil Menteri Pertahanan Rusia, Yury Borisov, jet tempur serang darat Su-25SM modern sekarang digunakan di Suriah.

Sharing

Tinggalkan komentar