CEO Rostec Buka Peluang Jual Sistem S-400 ke AS

Sistem Rudal Pertahanan Udara Rusia S-400 (photo : Kremlin.ru via commons.wikimedia.org)

JakartaGreater.com – CEO perusahaan negara Rostec, Sergey Chemezov mengatakan kepada suratkabar Washington Post, bahwa Rusia dapat menjual sistem pertahanan udara S-400 kepada pemerintah AS jika mereka tertarik, keamanan Rusia tidak akan terganggu atas penjualan tersebut, seperti dilansir dari laman Sputnik News.

“S-400 bukanlah sistem ofensif, melainkan sistem pertahanan. Kita bisa menjualnya kepada Amerika Serikat jika mereka menginginkan. Jadi, sebenarnya tidak ada masalah dari sudut pandang strategis”, menurut Chemezov pada hari Sabtu.

CEO Rostec mengatakan bahwa menjual sistem rudal pertahanan udara S-400 kepada anggota NATO tidaklah membahayakan keamanan Rusia, ketika ditanya apa alasannya berada dibalik penjualan sistem tersebut ke Turki yang merupakan anggota dari aliansi NATO.

Chemezov menjelaskan bahwa sebaliknya, jika sebuah negara mampu memastikan atas keamanan wilayah udaranya, maka akan terasa lebih aman. Dan mereka yang mungkin memiliki niat untuk menyerang negara tersebut akan berpikir dua kali.

Pada akhir Desember, Rusia dan Turki telah menandatangani perjanjian pinjaman untuk memasok sistem rudal pertahanan udara S-400 kepada Turki. Kedua belah pihak telah sepakat untuk mengirimkan sistem tersebut pada bulan September.

Angkatan bersenjata Rusia telah menggunakan sistem rudal pertahanan udara S-400 sejak tahun 2007.

Sharing

Tinggalkan komentar