18 Pesawat Rusia Angkut Pasukan Perdamaian ke Armenia

IL-76 MD (@ Russian MoD)

JakartaGreater – Sebanyak 18 pesawat angkut militer Il-76 lainnya dari Angkatan Udara Rusia yang mengangkut penjaga perdamaian telah mendarat di lapangan udara Yerevan, Ibu Kota Armenia, kata Kementerian Pertahanan Rusia kepada wartawan pada hari Senin, 16-11-2020, dirilis TASS.

“18 pesawat Il-76 lainnya dan 2 pesawat An-124 Ruslan dari penerbangan angkut militer Angkatan Udara Rusia dengan peralatan dan staf brigade penjaga perdamaian ke-15 dikirim ke Armenia untuk berpartisipasi dalam operasi penjaga perdamaian di zona konflik Nagorno-Karabakh telah mendarat di lapangan terbang Yerevan. Prajurit Rusia menurunkan barang-barang material, senjata, dan peralatan militer, “kata pernyataan itu.

Organisasi militer menambahkan bahwa dalam 24 jam terakhir, pesawat Angkatan Udara Rusia telah mengirimkan 58 unit peralatan ke Armenia: pengangkut personel lapis baja, truk kargo off-road, truk tangki, ekskavator, dan peralatan teknis lainnya.

Pada 9 November 2020, Presiden Rusia Vladimir Putin, Presiden Azerbaijan Ilham Aliyev, dan Perdana Menteri Armenia Nikol Pashinyan menandatangani pernyataan bersama tentang gencatan senjata lengkap di Nagorno-Karabakh mulai 10 November 2020.

Pemimpin Rusia itu mengatakan bahwa pihak Azerbaijan dan Armenia akan mempertahankan posisi yang mereka pegang dan penjaga perdamaian Rusia akan dikerahkan ke wilayah tersebut.

Selain itu, Baku dan Yerevan harus menukar tahanan dan orang yang terbunuh. Rencananya, 1.960 prajurit dengan peralatan militer akan dikerahkan. Pusat komando penjaga perdamaian didirikan di Stepanakert.

Tinggalkan komentar