Helikopter Jammer Rusia Terlihat di Suriah

Helikopter Pernika, Mi-8MTPR-1 buatan Rusia © @Syr_Mil_Wik via Twitter

JakartaGreater.com – Dikenal sebagai salah satu jammer terefektif di dunia, helikopter berbasis sistem peperangan radio elektronika Rychag-AV Rusia ini mampu melindungi seluruh kendaraan dengan “membutakan” pesawat tempur dan rudal musuh dalam jarak beberapa ratus kilometer.

Dilansir dari Sputnik, sebuah foto yang tampak seperti helikopter Mi-8MTPR-1 Rusia yang dilengkapi dengan sistem peperangan radio elektronik Rychag-AV yang berada di Suriah telah muncul di sebuah akun Twitter.

Helikopter Peperangan Elektronika (Pernika), Mi-8MT buatan Rusia © Igor Bubin via Wikimedia Commons

Rychag-AV merupakan salah satu jammer paling kuat di dunia saat ini yang digunakan untuk mengganggu peralatan elektronik pesawat tempur dan juga rudal jelajah.

Sistem Rychag-AV ini biasanya dipasang pada helikopter Mi-8MTPR-1 dan bisa benar-benar “membutakan” musuh hingga radius 400 km (sekitar 248 mil) jauhnya. Selain itu, peralatan Rychag-AV juga dapat diinstal pada sistem pertahanan udara mobile berbasis darat.

Harian Rossiyskaya Gazeta yang mengutip pakar militer mengatakan bahwa jammer Rychag-AV telah secara signifikan mampu mengurangi efektivitas serangan udara AS di pangkalan udara Ash Sha’irat Suriah pada bulan April 2017 lalu.

Menurut sumber-sumber Rusia melaporkan bahwa pada saat itu hanya 23 rudal jelajah Tomahawk yang mencapai sasaran, sementara 36 rudal lainnya ditangkis menjauh.

Sharing

Tinggalkan komentar