Turki Sukses Uji Rudal Udara ke Udara Rancangan Sendiri

Rudal udara-ke-udara jarak pendek Gokdogan buatan Turki © Anatolian Eagle via Youtube

JakartaGreater.com – Beberapa tahun yang lalu pemerintahan Ankara mengumumkan rencana ambisius untuk mengembangkan spektrum rudal jarak pendek, menengah dan jarak jauh dari rancangannya sendiri, seperti dilansir dari Sputnik.

Turki telah berhasil menguji dua rudal udara-ke-udara pribumi di provinsi Sinop, yang terletak di Laut Hitam, lapor kantor berita Anadolou. Menurut agensi, rudal udara-ke-udara jarak pendek-menengah Gokdogan dan juga rudal udara-ke-udara jarak jauh Bozgodan ditembakkan menuju sasaran masing-masing di Laut Hitam.

Militer Turki juga berencana untuk menembakkan rudal dengan memindahkan target dari peluncur stasioner dan melakukan serangkaian uji coba rudal yang diluncurkan dari udara akhir tahun ini.

Rudal Gokdogan dan Bozgodan tersebut dikembangkan oleh Institut Litbang Industri Pertahanan (SAGE) dan Badan Penelitian Sains Teknologi Turki (TUBITAK), diresmikan pada Pameran Industri Pertahanan Internasional ke-13 yang diadakan di Istanbul pada bulan Mei 2017.

Mereka telah dikembangkan sebagai penggantian langsung untuk persenjataan buatan AS yakni rudal udara-ke-udara Sidewinder dan AMRAAM. Pada bulan Mei 2017, Turki menguji rudal balistik jarak pendek yang diproduksi di dalam negeri, Bora (Badai), di lapangan uji Sinop.

Dikembangkan oleh produsen roket domestik Rokestan, rudal Bora berbobot 2,5 ton memiliki jangkauan maksimum 280 kilometer (173 mil) dan membawa hulu ledak 470 kilogram (1.036 pon).

Sharing

Tinggalkan komentar