Terkecoh Latihan Hamas, Israel Rugi $ 1 Juta

Peluncuran sistem pencegat rudal Iron Dome buatan Israel © Israel Defense Forces via Wikimedia Commons

JakartaGreater.com – Angkatan Bersenjata Israel salah menembakkan sistem rudal Iron Dome sebagai tanggapan terhadap latihan perang yang dilakukan oleh Hamas, seperti dilansir dari laman Times of Israel.

Bunyi alarm yang menyebar ke segala penjuru Jalur Gaza itu adalah disebabkan oleh sistem pertahanan udara jarak pendek yang dipicu oleh latihan tembak-menembak di sana, sehingga IDF membalas dengan tembakan tank.

Sistem pertahanan rudal Iron Dome tampaknya keliru diaktifkan oleh senapan otomatis di Jalur Gaza pada hari Minggu, menembakkan rentetan rudal pencegat yang tak perlu ke langit di wilayah Israel selatan, menurut keterangan IDF.

Peluncuran rudal pencegat itu juga tampak sebagai akibat alarm peringatan rudal yang menggema di wilayah sebelah selatan Hof Ashkelon dan Shaar Hanegev yang terjadi sebelumnya pada Sabtu malam.

Tidak ada roket yang ditembakkan ke wilayah Israel, terang Pasukan Pertahanan Israel. Seorang juru bicara militer menekankan bahwa situasinya masih normal di sepanjang perbatasan Jalur Gaza.

Kepala pertahanan udara Israel pada hari Senin mengatakan peluncuran rudal pencegat Iron Dome yang tidak perlu malam sebelumnya adalah akibat dari sistem pertahanan yang “peka berlebihan” dan bukan disebabkan oleh kesalahan manusia atau teknis.

Baterai pertahanan rudal Iron Dome di Israel selatan meluncurkan sekitar 20 pencegat yang masing seharga sekitar $ 50.000 yang pada gilirannya memicu sirene roket yang menggema ke seluruh wilayah itu, mengirimkan ribuan penduduk bergegas ke tempat penampungan bom sesaat sebelum tengah malam.

IDF mengatakan bahwa pihaknya akan secara serius mempertimbangkan semua jenis tembakan yang ditujukan ke wilayah Israel, yang menandakan bahwa tembakan tank itu mungkin telah ditembakkan di bawah keyakinan yang keliru bahwa latihan perang itu ditujukan untuk Israel.

Sharing

Tinggalkan komentar