Pejabat Rusia Tuding Barat Picu Perang Dingin Baru

doc. Sergei Shoigu bersama Vladimir Putin. (photo: kremlin.ru via commons.wikimedia.org)

Menteri Pertahanan (Menhan) Rusia dan sejumlah pejabat keamanan negara menuduh negara-negara Barat memicu Perang Dingin baru dalam usaha mempertahankan pengaruh mereka yang menyusut dalam masalah-masalah global, dirilis VOA Indonesia.

Menhan Rusia Sergei Shoigu mengatakan, NATO memanfaatkan ancaman Rusia yang sebetulnya tidak ada untuk mendongkrak potensi militernya dan menambah pasukannya dekat perbatasan-perbatasan Rusia.

Berbicara pada konferensi keamanan, pada Rabu, 4-4-2018, Shoigu mengatakan, Moskow akan menanggapi langkah-langkah NATO dengan memperkokoh kemampuan pertahanannya untuk menjamin keamanan militer Rusia dan sekutu-sekutunya.

Hubungan Rusia-Barat telah memburuk ke tingkat terendah sejak Perang Dingin menyusul aneksasi Moskow terhadap Krimea pada tahun 2014.

Ketegangan makin meningkat bulan ini setelah munculnya kasus peracunan sorang bekas mata-mata ganda Rusia dan putrinya di Inggris yang mengakibatkan pengusiran besar-besaran para diplomat yang dilakukan Barat dan Rusia.

Sharing

Tinggalkan komentar