Badan Pertahanan Rudal AS Uji Komunikasi Patriot dan THAAD

Sistem peluncur rudal THAAD Amerika Serikat. © U.S. Army via Wikimedia Commons

JakartaGreater.com – Dua sistem pertahanan rudal utama militer AS yakni Patriot dan THAAD berhasil berkomunikasi dalam tes yang dilaksanakan Badan Pertahanan Rudal dan Angkatan Darat AS di White Sands Missile Range, New Mexico, tanggal 6 April seperti dilansir dari laman Defense News.

Angkatan Darat AS (US Army) berencana untuk mengawinkan sistem pertahanan rudal Patriot dan THAAD bersama dalam dua tahun ke depan dan mampu menerima surplus pendanaan dalam RUU pengeluaran omnibus untuk tahun fiskal 2018 yang baru saja diloloskan untuk melanjutkan usaha tersebut.

Mengawinkan kedua sistem bersama sangat penting untuk membangun pendekatan yang lebih efektif dan berlapis dalam “Air and Missile Defense” atau pertahanan rudal dan udara (AMD) serta meningkatkan pengembangan sistem kendali dan komando Angkatan Darat AS di masa depan yakni Sistem Komando Tempur Pertahanan Udara dan Rudal Terpadu atau IBCS.

Baik THAAD dan Patriot sama-sama mengambil target dari peluncuran langsung rudal jarak pendek Lynx, menggunakan radar mereka dan melacak target secara individual, namun kedua sistem tersebut saling “bertukar pesan melalui tautan data taktis serta interoperabilitas yang terverifikasi antar kedua sistem senjata”, menurut pernyataan dari MDA (Badan Pertahanan Rudal – red).

Tidak ada peluncuran pencegat langsung.

“Kedua sistem senjata itu sangat penting sebagai komponen dari sistem pertahanan rudal balistik berlapis kami dan sangat penting bahwa mereka dapat mengirimkan data dan saling berkomunikasi satu sama lain”, kata Direktur MDA Letnan Jenderal Samuel Greaves dalam pernyataannya.

Pengujian tersebut mendukung rilis materiil upgrade perangkat lunak THAAD 3.0 dan memenuhi persyaratan yang tercantum dalam National Defense Authorization Act di tahun fiskal 2016 untuk MDA dan militer agar setiap tahun menguji interoperabilitas dan integrasi THAAD dengan Patriot.

Yang mendorong upaya itu adalah pasukan AS yang berada di Korea Selatan di mana THAAD dan Patriot telah dikerahkan. THAAD juga dikerahkan di Guam, sementara unit Patriot tersebar luas di seluruh dunia. Pengerahan sistem Patriot dianggap termasuk yang paling berat dan paling panjang dalam Angkatan Darat AS.

Sharing

Tinggalkan komentar