AS Jual Teknologi Kapal Selam ke Taiwan

Konsep kapal selam Virginia-Class buatan AS © US Navy via Wikimedia Commons

JakartaGreater.com – Dalam menghadapi situasi yang mengancam dari Beijing, Taiwan kini bisa meletakkan lunas armada kapal selam generasi baru berkat teknologi militer yang disediakan oleh Amerika Serikat, seperti dilansir dari Reuters.

Sebuah langkah yang pasti membangkitkan komentar dari China, pemerintahan Trump telah setuju untuk memberi izin yang diperlukan pada perusahaan-perusahaan senjata AS untuk menjual teknologi kapal selam kepada Taiwan.

Negara pulau yang terletak hanya sejauh 81 mil dari pantai musuh bebuyutannya itu, telah memperkuat postur militernya menyusul meningkatnya sejumlah kekhawatiran bahwa China memperketat cengkeramannya di kawasan itu, terutama ketika Beijing merebut wilayah maritim di Laut China Selatan.

Ketika perang dagang yang diprakarsai Trump nampak mulai meningkat, Central News Agency asal Taiwan pada hari Sabtu melaporkan persetujuan lisensi teknologi kapal selam baru AS kepada Taiwan, menurut Newsweek.

Menteri Pertahanan Taiwan, Chen Chung-Chi menegaskan bahwa Departemen Luar Negeri AS telah memberikan lampu hijau tehadap penjualan teknologi mutakhir kapal selam militer.

Kebijakan AS terhadap penjualan senjata Amerika-Taiwan tetap “konsisten”, termasuk juga masa Presiden Barack Obama, menurut sumber di Departemen Luar Negeri AS, dikutip oleh Reuters.

“Kebijakan jangka panjang kami tentang penjualan pertahanan ke Taiwan telah konsisten di tujuh pemerintahan AS yang berbeda. Kebijakan ini telah berkontribusi pada keamanan Taiwan dan juga mendukung pemeliharaan perdamaian dan stabilitas di Selat Taiwan”, jelas pejabat itu

Pada tahun 2017 lalu, Taiwan merilis berita bahwa mereka akan memproduksi delapan armada kapal selam baru, tepat sebelum Presiden China Xi Jinping bertemu dengan Presiden Trump di Florida.

Tinggalkan komentar