Jet Tempur J-10C China Memulai Tugas Tempur

Jet tempur Chengdu J-10 buatan China. © mxiong via Wikimedia Commons

JakartaGreater.com – Jet tempur multi-peran terbaru J-10C China telah memulai tugas tempur pada hari Senin, menurut pengumuman Angkatan Udara China, seperti dilansir dari laman Xinua News.

Dilengkapi dengan sistem avionik canggih dan berbagai senjata udara, pejuang yang dikembangkan secara mandiri di dalam negeri memiliki kemampuan serangan udara dalam jarak menengah dan dekat serta mampu secara tepat menyerang target darat dan maritim, kata Angkatan Udara China dalam sebuah pernyataan.

Ini adalah pesawat tempur supersonik generasi ketiga buatan China dan telah memulai debutnya ketika PLA memperingati hari ulang tahun ke 90 pada Juli 2017 di pangkalan pelatihan militer Zhurihe di Daerah Otonomi Mongolia.

Pejuang terbaru itu akan memperkaya sistem ofensif dan defensif angkatan udara dan meningkatkan kemampuannya untuk memenuhi tugas dan menjalankan misi, sebut pernyataan itu.

Jet tempur J-10C Angkatan Udara China sedang berlatih pada 12 April 2018 © Xinhua News

Shen Jinke, juru bicara Angkatan Udara China (PLA-AF) mengatakan bahwa angkatan udara akan meningkatkan pelatihan dan kesiapan perangnya, sekaligus mempertajam kemampuan serangan udara yang mencolok untuk ofensif dan defensif.

“Ini juga akan secara tegas melindungi keamanan wilayah udara China dan kepentingan strategis nasional di era baru”, kata Shen.

Jet baru ini telah dimodifikasi dari jet tempur J-10 dan akan membantu meningkatkan kemampuan pertempuran dan kesiapan perang angkatan udara, kata Wang Mingzhi, seorang ahli militer.

Aspek TVC dari mesin akan mampu meningkatkan sudut kecepatan pesawat selama dalam penerbangan dengan sedikit memposisikan ulang mesin tersebut sehingga itu dapat memanipulasi daya dorong yang dihasilkan oleh mesin.

Pengembangan terbaru akan memungkinkan jet tempur J-10 varian C atau J-10C itu untuk melakukan manuver yang lebih tepat sambil memberi pilot lebih banyak kendali pada perubahan ketinggian. F-22 Raptor AS dan keluarga jet tempur Su-30 / Su-35 juga menggunakan TVC, menurut keterangan Defense News.

Angkatan Udara China secara bertahap membangun sistem tempur yang di sesuaikan dengan kebutuhan peperangan udara yang terinformasi, yang terdiri dari jet tempur superioritas udara seperti seri J-11, jet tempur multi-peran seperti seri J-10 dan J-16, jet tempur siluman generasi baru seperti J-20, dan pembom jarak menengah dan jarak jauh seperti H-6K, Wang menjelaskan.

Foto yang diambil pada 12 April 2018 menunjukkan jet tempur J-10C dalam pelatihan. Jet tempur multi-peran baru J-10C China memulai tugas tempur hari Senin, menurut Angkatan Udara China mengumumkan.

Tinggalkan komentar