Tank Leopard di Mata Capres

Tank Leopard 2A4 TNI AD
Tank Leopard di Mata Capres 1

Calon presiden Prabowo Subianto dan Joko Widodo memiliki perbedaan pandangan soal pembelian tank Leopard oleh pemerintah. Jokowi menilai main battle tank itu, tidak cocok untuk alam Indonesia, namun Prabowo tak setuju.

“Tank itu terlalu berat Pak Prabowo. Jalan kita rusak semua, jembatan kita tidak kuat menahan tank 62 ton. Oleh karena itu, sebaiknya, sebelum kita membeli alutsista, harus kita cek kita cocok tidak dengan barang itu,” kata Jokowi dalam debat di Hotel Holiday Inn, Kemayoran, Jakarta Utara, Minggu (22/6/2014).

Prabowo tak setuju dengan pandangan Jokowi. Menurutnya pembelian tank Leopard sudah sesuai prosedur dan melalui riset dari lembaga yang berwenang.

“Saudara Joko Widodo, saya kira pandangan atau pendapat tentang alutsista yang cocok dan tidak cocok kita percayakan pada para pakar, yang sudah melakukan riset dalam sejarah perang,” kata Prabowo.

Prabowo mencontohkan penggunaan tank serupa Leopard dalam perang saudara Vietnam. Tank itu digunakan Vietnam utara untuk menginvasi Vietnam selatan.

“Ada anggapan bahwa tank sebesar 60 ton tidak cocok di wilayah Indonesia tidak sepenuhnya benar,” ujarnya. (detik.com).

Leave a Comment