Apr 222017
 

TNI AD akan tampilkan helikopter Apache pada HUT TNI 5 Oktober 2017 (SAC Tim Laurence)

Solo – Sebanyak 19 siswa Pendidikan Pertama Perwira (Dikmapa) Prajurit Sukarela Dinas Pendek (PSDP) Penerbang TNI Angkatan 32 tahun 2017 diwisuda di Lanud Adi Soemarmo, 20/4/2017.

Wisuda siswa Dikmapa PSPD dipimpin Komandan Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan dan Latihan TNI Mayor Jenderal TNI Agung Risdhianto, selaku inspektur upacara.

Para siswa Dikmapa PSDP penerbang TNI yang menjalani pendidikan tahap pertama dibekali agar kelak menjadi penerbang TNI yang handal dan profesional.

Para siswa khusus calon penerbang diberikan berbagai materi pelajaran, baik teori kelas maupun praktik lapangan di Skadik 401 Lanud Adi Soemarmo selama tiga bulan.

“Siswa Dikmapa PSDP sebenarnya mengikuti pendidikan rutin secara reguler yang disesuaikan dengan kebutuhan TNI,” kata Agung Risdhianto.

Agung Risdhianto mengatakan para siswa diseleksi secara khusus yang memiliki keahlian sebagai penerbang. Dan, nanti ada lagi seleksi khusus perwira yang disiapkan untuk tenaga kesehatan seperti dokter yang akan diselenggaran pada Mei mendatang.

Para siswa prajurit penerbang akan dipersiapkan untuk kebutuhan di TNI Angkatan Laut sebanyak 14 dan sisanya di TNI Angkatan Darat. Alutsita seperti helikopter dan pesawat Cassa di AL sumber daya manusianya dipenuhi dengan sistem pendidikan seperti ini.

Namun, ebutuhan penerbang baik AL maupun AD tidak sebanyak di Angkatan Udara, sehingga seleksi penerbang yang dibutuhkan sekitar 19 prajurit.

Para siswa prajurit penerbang setelah menjalani pendidikan tahap pertama, akan melanjutkan tahap kedua Pendidikan Dasar Golongan Perwira yang juga dilaksanakan di Skadik 401 Adi Soemarmo selama dua bulan.

Para siswa yang digembleng melalui PSDP bertujuan untuk membentuk perwira TNI yang berjiwa Pancasila dan Sapta Marga, menguasai dasar keprajuritan dan golongan dengan profesi sebagai penerbang TNI. Mereka memiliki kemampuan dan keterampilan dalam melaksanakan tugas serta dapat mengembangkan karier sebagai prajurit TNI.

Pada acara wisuda Dikmapa PSDP angkatan 32 tersebut terpilih menjaid siswa terbaik lulusan tahun ini, Ardian Dwiputra Sitepu asal Medan.

Pada kesempatan tersebut para siswa prajurit penerbang menampilkan sejumlah atraksi antara lain merakit senjata dengan mata tertutup dan melakukan sejumlah orasi yang membentuk helikopter dan senjata kendaraan berat tank.

Antara

Bagikan Artikel:

  28 Responses to “19 Prajurit Penerbang TNI untuk AD dan AL”

  1. pertamak

  2. test

  3. Ini loh yang mau ditiru oleh amerika biar tidak kehilangan pilot militer yang hengkang ke penerbang sipil, dengan sistem ikatan dinas

  4. TNI Al harus punya pesawat tempur juga..Su32 atau f18

  5. Males komen krn ga menarik beritanya…

  6. Ok

  7. Iyaa nanti saya belikan. Tukar karet buat jaket kulit… Di rusia dinghin hawanya wkwkwkw

  8. Tahniah buat para lulusan

  9. satu orang cadangannya digilir

  10. cek

  11. pantes nya Indonesia itu beli borongan 48 unit afache bukan beli ngeteng cuman 8 biji…

  12. ngga ada ceweknya ya… yang lulusan tahap pertama ini ?

  13. Masih kekurangan pespur,helpur beserta pilotnya!

Orang Bijak Isi Komentar :