Militer Aljazair Mengungkap Upgrade Armada BTR-80

JakartaGreater.com – Kementerian Pertahanan Nasional Aljazair telah meluncurkan APC (kendaraan lapis baja pengangkut personel) BTR-80 yang telah di upgrade menggunakan peluncur rudal 9M133 Kornet, seperti dilansir dari laman IHS Jane.

Dua unit APC BTR-80 yang telah ditingkatkan terlihat dalam rekaman video dan foto-foto yang dirilis pada tanggal 26 Juni dalam latihan “Sakhr 2018” yang dilakukan oleh Brigade Infantri Bermotor ke-36 di Wilayah Militer ke-2 di timur laut Aljazair.

Setidaknya sebuah BTR-80 juga terlihat meluncurkan rudal selama latihan tersebut.

Upgrade BTR-80 Aljazair itu terdiri dari peluncur dengan dua rudal Kornet, salah satu sisi sistem elektro-optik, yang dipasang di atas menara kendaraan pengangkut personel.

Terlihat turret yang biasanya dioperasikan secara manual, harus dilalui untuk memperoleh dan melacak menara dan bahwa penembak tidak akan bisa membuka palka untuk memuat lebih banyak rudal.

Upgrade Elektro-optik tampaknya terdiri dari sistem penargetan standar Kornet, tanpa dilengkapi kamera termal opsional dalam satu wadah dan sistem lainnya yang mencakup kamera termal dan pengintai yang berbeda dengan cepat. Kedua wadah tampaknya tak memiliki penutup untuk melindungi optiknya tersebut.