Boeing Segera Produksi Super Hornet Blok III Pesanan Kuwait

JakartaGreater.com – Boeing telah menerima kontrak sebesar $ 1,5 miliar untuk produksi dan pengiriman sebanyak 28 unit jet tempur F/A-18E/F Super Hornet pesanan Angkatan Udara Kuwait.

Dilansir dari pengumuman kontrak Kementerian Pertahanan AS tanggal 27 Juni, kontrak insentif dengan harga tetap telah diberikan kepada Boeing Co., St. Louis, Missouri untuk produksi dan pengiriman 22 unit jet tempur F/A-18E berkursi tunggal dan 6 unit F/A-18F berkursi tandem pada akhir Januari 2021.

Penghargaan kontrak tersebut datang sekitar tiga bulan setelah sebelumnya Boeing pun dianugerahi kontrak sebesar $ 1,2 miliar untuk teknik non-rutin yang tidak berulang yang diperlukan untuk mengembangkan konfigurasi dasar dan mengirimkan radar penerima dan peringatan senjata. Kontrak sebelumnya diharapkan akan selesai pada bulan September 2022.

Pada bulan November 2016, Departemen Luar Negeri AS menyetujui penjualan hingga 40 unit Super Hornet dengan rincian 32 unit F/A-18E dan 8 unit F/A-18F ke Kuwait dengan total biaya hingga $ 10,1 miliar, termasuk peralatan dan dukungan terkait.

Pada awalnya Angkatan Udara Kuwait hanya bermaksud menambah armada udara yang memiliki 39 unit Boeing F/A-18C/D Hornet, dan membeli 28 unit jet tempur Eurofighter Typhoon sebelum akhirnya menggantikan warisah pejuang Hornet.

Sebagaimana terungkap dalam kontrak simulator yang telah diumumkan sebelumnya pada bulan Juni, jet tempur Super Hornet Kuwait akan dibangun dengan standar Blok 3 terbaru milik Angkatan Laut AS (USN).

Dengan mengambil unsur-unsur Roadmap Internasional dan Super Hornet Canggih buatan Boeing yang disebut-sebut sebelumnya, Blok 3 tersebut akan mencakup pemutakhiran dengan radar AESA Raytheon AN/APG-79, sebuah layar besar dari Elbit Systems untuk menampilkan kokpit kaca dan avionik generasi berikutnya, sebuah pencari dan pelacak inframerah (IRST), tangki bahan bakar conformal (CFT), serta sistem penanggulangan elektronika terpadu (IDECM) dan mesin baru General Electric F-414-400.