Ubah Tradisi, Diam-Diam US Navy Kerahkan F-35B

Jet tempur generasi kelima F-35B Korps Marinir AS © USMC via Wikimedia Commons

JakartaGreater.com – Daripada mengundang media untuk mengungkap penyebaran jet tempur siluman F-35B Lighting II, Angkatan Laut AS malah membuat keputusan untuk keluar dari tradisi dan menjaga hal-hal tersebut tetap dibawah, seperti dilansir dari laman Business Insider.

Menurut kabar dari USNI News, USS Essex, USS Anchorage dan USS Rushmore sudah berangkat dari San Francisco pada hari Selasa dengan skuadron pesawat tempur F-35B untuk pengerahan di Pasifik Barat dan Timur Tengah.

Kapten Charlie Brown, yang merupakan juru bicara Armada Pasifik, mengatakan bahwa untuk alasan keamanan operasional, kami tidak mengumumkan secara terbuka rincian tambahan.

Dibandingkan rilis media yang sebenarnya, cuplikan dari tiga kapal Essex Amphibious Ready Group dan 13th Marine Expeditionary Unit dibagikan secara online oleh beberapa netizen yang penasaran.

Mengutip dua sumber yang akrab dengan operasi tersebut, USNI melaporkan bahwa penempatan secara diam-diam dilakukan dibawah arahan Komandan Armada Pasukan Pasifik AS yang baru yakni John Aquilino.

Ia juga mencatat bahwa langkah itu dilakukan untuk menunjukkan bahwa penyebaran masa depan akan diungkapkan secara berbeda. Menurut Business Insider, keputusan untuk tidak memberi tahu media tersebut ada kaitannya dengan AS yang tidak ingin memperingatkan Tiongkok maupun Korea Utara.

Tidak jelas apakah kapal tersebut sudah sampai di tujuan mereka atau belum.