Pesawat Latih IAR 99 Angkatan Udara Rumania Jatuh

Pesawat latih IAR 99 Angkatan Udara Rumania © Aldo Bidini via Wikimedia Commons

JakartaGreater.com – Pesawat latih IAR 99 Angkatan Udara Rumania telah jatuh pada hari Senin, tanggal 16 Juli 2018 di Bacau, Rumania timur, seperti dilansir dari laman situs Romania Insider.

Kedua pilot berhasil menyelamatkan diri menggunakan kursi lontar. Mereka ditemukan selamat dan dibawa dengan helikopter menuju pangkalan udara Bacau, menurut laporan Ziarul de Bacau. Mereka akan dievaluasi di sana dan, jika diperlukan, akan diambil alih oleh helikopter layanan darurat SMURD.

Pesawat IAR 99 itu berasal dari pangkalan udara Kapten Aviator Alexandru Serbanescu. Pesawat tersebut jatuh sekitar pukul 13.30 wwaktu setempat di wilayah wilayah Nicolae Balcescu.

Pesawat itu lepas landas dalam misi pelatihan reguler, menurut keterangan Menteri Pertahanan Rumania Mihai Fifor kepada stasiun TV Antena 3. Walikota Letea Veche, Petru Dochiei, mengatakan kepada Mediafax bahwa pesawat jatuh di danau Galbeni – Letea Veche.

IAR 99 “Soim” (Hawk) adalah pesawat latih jet dan pesawat serang ringan yang mampu melakukan dukungan udara jarat dekat dan misi pengintaian. IAR 99 ini dimaksudkan untuk menggantikan Aero L-29 Delfin dan L-39 Albatros sebagai pelatih dari persediaan Angkatan Udara Rumania.

Pesawat ini desain semi-monocoque, dengan sayap runcing dan menyapu kembali. Sebuah jenis antena-pisau besar dipasang di bawah hidung di sisi kiri badan pesawat memberikan tampilan khas pesawat latih IAR 99.

Desain pesawat IAR 99 dimulai pada tahun 1975 dan menjadi jet pelatih pertama yang dirancang dan dibangun sepenuhnya di Rumania. Pada tahun 1979 dana telah disetujui untuk membangun pelatih pertama dengan IRAv Craiova di mana pesawat tempur IAR 93 saat ini sedang dibangun. Prototipe (S-001) terbang pada tanggal 21 Desember 1985.