Turki dan Ukraina Bahas Produksi Bersama An-188

Pesawat An-188 diproduksi oleh Antonov, Ukraina © Antonov

JakartaGreater.com – Pejabat dirgantara dan pengadaan Turki serta Ukraina membuat “kemajuan penting” dalam negosiasi untuk memproduksi bersama pesawat kargo militer Antonov An-188, versi lanjutan dari An-178 Ukraina, kata para pejabat Turki yang dilansir dari laman Defense News.

“Ini adalah program yang kompleks dimana kedua belah pihak tertarik”, tutur seorang pejabat dirgantara Turki. “Kami secara positif terus mendiskusikan beberapa aspek dari modalitas optimal untuk produksi bersama”.

Pihak yang terlibat dalam negosiasi itu termasuk kantor pengadaan pertahanan Turki, SSB dalam akronim baru, Tusas Turkish Aerospace Industries (TAI), serta Antonov dan entitas payung pertahanan Ukraina, Ukroboronprom.

Para pejabat Turki dan Ukraina pun telah sepakat bahwa langkah pembicaraan berikutnya akan melibatkan kunjungan delegasi Turki ke Kiev, ibukota Ukraina, untuk memeriksa lini produksi Antonov.

Antonov, produsen An-188 dan bagian dari Ukroboronprom, memamerkan pesawat lepas landas dan mendarat di lintasan pendek itu untuk pertama kalinya di pameran aerospace EurAsia Show 2018 di Antalya, Turki, 25-28 April lalu.

Seorang pejabat TAI mengatakan bahwa diskusi terfokus pada apa yang akan diambil oleh masing-masing industri, pembagian kerja, transfer teknologi dan pengetahuan, lisensi dan ekspor ke negara ketiga.

An-188-100 akan dilengkapi dengan empat mesin turbofan tiga-poros D-436-148FM yang dikembangkan oleh perusahaan Ivchenko-Progress, Ukraina. Varian dengan empat mesin generasi baru AI-28 juga dikembangkan oleh Ivchenko-Progress akan disebut An-188-110. An-188-120 akan dilengkapi dengan empat mesin turbofan LEAP yang dibuat oleh CFM International (CFMI).

Semua pesawat baru dari keluarga An-188 akan mampu mendarat di lapangan udara yang berbeda, dan mendarat di landasan pacu pendek hanya dengan panjang 600 – 800 m.

Pesawat akan memiliki layar kokpit canggih dengan navigasi penerbangan terbaru serta peralatan komunikasi. An-188 memiliki jarak penerbangan hingga 7.700 km, ketinggian jelajah hingga 12.100 m, dan kecepatan hingga 800 km/jam tergantung pada pesawat dan jenis mesin serta varian.